Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Grafis

ARNAIM.COM | Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Grafis - Sebagai desainer grafis baru, kita akan memulai petualangan yang mengasyikkan. Apakah Kita melamar pekerjaan desain grafis di agensi atau ingin menjelajah ke dunia lepas. Kita akan dibayar untuk menggunakan bakat kreatif alami kita. Untuk membedakan diri dari desainer grafis lain di kolam kerja, kita hanya perlu kombinasi yang tepat dari keterampilan desainer grafis. Dalam panduan ini, Kita akan belajar keterampilan teknis dan lunak apa yang Kita butuhkan untuk dipekerjakan dan berhasil dalam karir Kita.
ARNAIM.COM - Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Grafis
ARNAIM.COM - Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Grafis

Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Grafis

Desainer Visual vs. Desainer Grafis?

Pertama, Kita perlu menentukan apakah kita ingin menjadi desainer grafis atau desainer visual. Meskipun ada kesamaan dalam keahlian, memahami perbedaan antara desain grafis dan desain visual akan membantu kita membangun karir yang paling sesuai dengan bakat dan minat kita.

Desainer grafis bertanggung jawab untuk menggunakan teks dan gambar untuk mengkomunikasikan pesan tertentu. Logo, iklan cetak, dan brosur adalah contoh proyek yang diselesaikan oleh para profesional desain grafis.

Desainer visual bertanggung jawab untuk membangun merek di media digital. Meskipun mereka menggunakan beberapa keterampilan yang sama dengan desainer grafis, tujuan mereka adalah untuk menciptakan citra merek yang konsisten di beberapa platform digital seperti situs web, aplikasi, media sosial, dll.

Apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi desainer grafis?

Keterampilan desainer grafis dapat diklasifikasikan sebagai keterampilan teknis atau soft skill. Keterampilan teknis khusus untuk pekerjaan Kita, sementara soft skill adalah keterampilan dan ciri kepribadian yang memungkinkan Kita untuk berhasil dalam peran apa pun. Untuk seorang desainer grafis, salah satu keterampilan teknis yang paling penting adalah kemampuan untuk menggunakan Adobe Suite (Photoshop, InDesign, Illustrator) untuk menyelesaikan proyek desain.

Keterampilan teknis untuk desainer grafis

Pengusaha mencari desainer grafis serbaguna yang memiliki kemampuan teknis yang diperlukan untuk memukul tanah berjalan. Ini adalah beberapa keterampilan teknis yang paling diinginkan untuk seorang desainer grafis:

1. Keterampilan tipografi:

Sebagai desainer grafis, Kita harus dapat mengatur kata-kata dan huruf dengan cara yang menarik secara visual.

2. Pemilihan font: 

Jenis font, ukuran dan berat semua mempengaruhi penampilan desain Kita dan dapat mempengaruhi cara orang memkitang pesan Kita, sehingga Kita harus dapat memilih font yang sesuai untuk setiap proyek.

3. Kemampuan untuk mengikuti pedoman branding:

Pedoman branding adalah stkitar yang digunakan untuk menentukan bagaimana suatu merek akan disajikan kepada anggota audiens. Untuk berhasil dalam industri, Kita harus dapat mengikuti panduan ini dengan cermat.

4. Prinsip Desain: 

Desainer grafis yang sukses tahu bagaimana menggunakan ruang putih, warna, hierarki dan prinsip-prinsip lain untuk menyusun desain yang seimbang.

5. RGB dan CMYK:

Kita harus dapat memilih set warna yang tepat untuk setiap proyek. CMYK sangat ideal untuk proyek cetak, sedangkan RGB biasanya digunakan untuk desain digital.

6. Desain UX: 

Desainer grafis yang terampil memahami cara membuat desain sederhana yang berguna dan memenuhi pedoman aksesibilitas yang ditetapkan.

7. Teknologi digital (HTML, CSS, JS):

Keterampilan teknologi sangat membantu jika Kita berencana untuk merancang situs web atau bekerja sebagai desainer visual.

8. Keterampilan gambar (fotografi) / pengeditan foto:

Kita mungkin harus memasukkan foto ke dalam proyek desain grafis Kita, jadi penting untuk mengetahui cara mengedit foto stok atau mengambil foto berkualitas tinggi sendiri.

Soft skill untuk desainer grafis

Tidak peduli seberapa baik keterampilan teknis Kita, sulit untuk berhasil dalam industri desain jika Kita tidak memiliki keterampilan lunak yang diinginkan pengusaha. Seperti yang kami catat sebelumnya, soft skill adalah ciri kepribadian yang dapat membantu Kita sukses di industri apa pun. Sifat-sifat ini membantu Kita berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi dengan orang lain dan membangun hubungan positif dengan kolega dan klien. Sebagai seorang desainer grafis, Kita harus memiliki soft skill berikut:

Keterampilan kolaborasi: 

Keterampilan kolaborasi yang baik memudahkan untuk bekerja dengan orang lain dalam mengejar tujuan bersama. Seorang kolaborator yang terampil mendengarkan orang lain, berkomunikasi secara konsisten, dan mengakui kesalahan mereka.

Kecerdasan emosional: 

Orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi unggul dalam mengelola emosi mereka, memungkinkan mereka untuk menyelesaikan konflik dan mengurangi stres pada anggota tim mereka.

Keterampilan komunikasi: 

Kita harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan kolega, klien, dan pemangku kepentingan lainnya. Calon majikan selalu mencari desainer grafis yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat yang dapat mengekspresikan ide-ide mereka dengan jelas dan konsisten.

Manajemen waktu: 

Desain grafis adalah profesi yang digerakkan oleh tenggat waktu, jadi Kita harus dapat mengelola waktu Kita secara efektif.

Kreativitas

Kreativitas mengacu pada kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan menggunakannya untuk memecahkan masalah atau berkomunikasi dengan orang lain. Desainer grafis yang sukses sangat kreatif dan inovatif.

Bercerita: 

Jika Kita mencoba menarik sekelompok orang tertentu, bercerita adalah cara yang bagus untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan anggota audiens dan menunjukkan kepada mereka bagaimana atasan Kita dapat membantu. Keterampilan bercerita sangat membantu bagi desainer visual yang bertugas membangun citra merek yang konsisten.

Kesimpulan

Keterampilan teknis untuk yang dibutuhkan untuk desainer grafis adalah :
  • Keterampilan tipografi
  • Pemilihan font
  • Kemampuan untuk mengikuti pedoman branding
  • Prinsip desain
  • RGB dan CMYK
  • Desain UX
  • Teknologi digital (HTML, CSS, JS)
  • Keterampilan gambar (fotografi) / pengeditan foto
Soft Skill yang dibutuhkan untuk untuk desainer grafis :
  • Keterampilan kolaborasi
  • Kecerdasan emosional
  • Keterampilan komunikasi
  • Manajemen waktu
  • Kreativitas
  • Bercerita
Demikian informasi dari ARNAIM.COM terkait Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Grafis. Semoga Bermanfaat.
Blogger, Teacher, Graphic Designer, Video Creator

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan, serta tuliskan nama Anda. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, akan kami hapus.

Terima Kasih.
© ARNAIM.COM. All rights reserved. Developed by Jago Desain