CARA CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP KEMDIKBUD

ARNAIM.COM | CARA CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP KEMDIKBUD – Bagaimana cara cek nama siswa penerima dana bantuan PIP? Kapan PIP cair? Anak saya dapat bantuan PIP atau tidak? Mungkin itu biasanya dipertanyakan oleh orang tua murid. Nah,Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi bagiaman cara cek nama siswa SD, SMP, SMA dan SMK penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kemdikbud di pip.kemdikbud.go.id. Sebagaimana kita ketahui, Program Indonesia Pintar adalah Program bantuan dari Pemerintah untuk peserta didik dan mahasiswa dari keluarga rentan miskin atau miskin untuk biaya Pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar.
ARNAIM.COM - CARA CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP KEMDIKBUD
ARNAIM.COM - CARA CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP KEMDIKBUD


CARA CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP KEMDIKBUD

Cara cek nama peserta didik penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP):

Silahkan buka laptop atau handphone anda, kemudian buka aplikasi browser, Google Chrome, Mozilla atau Microsoft Edge, rekomendasi Google Chrome ya

ARNAIM.COM - FORM ISIAN CEK NAMA SISWA PENERIMA BANTUAN PIP
ARNAIM.COM - FORM ISIAN CEK NAMA SISWA PENERIMA BANTUAN PIP

Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik berjumlah 10 digit pada kolom yang tersedia, yang bisa Anda lihat di rapot Ananda.

Kemudian masukkan tanggal lahir Ananda, dan masukkan nama ibu kandung. Pastikan dulu semua isian tadi udah benar ya. Jika sudah semua terisi, klik tombol CARI. Maka akan muncul data Ananda jika Ananda memang termasuk siswa penerima program PIP.
ARNAIM.COM - TAMPILAN HASIL CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP
ARNAIM.COM - TAMPILAN HASIL CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP

Bagaimana? Mudah bukan? Perlu diketahui, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur Pendidikan non formal seperti Paket A, Paket B dan Paket C dan pendidikan khusus.

Kriteria Peserta Didik Penerima Dana PIP

✅Siswa yang mempunyai kartu KIP

✅ Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
  • Siswa dari keluarga yang menjadi peserta program Keluarga Harapan (PKH)
  • Siswa dari keluarga dengan pemegang kartu keluarga Sejahtera (KKS)
  • Siswa yang statusnya yatim atau yatim piatu atau piatu dari pakti asuhan / panti social;
  • Siswa yang terkena dampak bencana alam
  • Siswa yang tidak bersekolah (drop out) diharapkan kembali ke sekolah
  • Siswa yang menderita gangguan fisik, korban bencana, dari orang tua yang menderita penghentian hubungankerja, di zona konflik, dari keluarga terpidana, di lembaga pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara kandung yang tinggal bersama Peserta di lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

Kegunaan Dana PIP

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu siswa dengan biaya pendidikan pribadi, seperti pembelian persediaan / kursus sekolah, biaya perjalanan di luar saku, biaya transportasi, biaya praktik tambahan dan biaya tes kecakapan/kompetensi

Bagaimana jika siswa miskin belum menerima KIP?

Siswa bisa mendaftarkan diri ke sekolah dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/Rw dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Baca juga :

Bagaimana mencairkan dana PIP?

Bagi siswa penerima PIP bisa mencairkan dana bantuan di Bank Penyalur. Tapi jangan asal ke Bank untuk cek ya. Tunggu informasi dari sekolah terkait tahap pencairannya. Jika sudah diinformasikan utuk pencairan, silahkan bawa persyaratan pencairan ke Bank Penyalur. Buku rekeningnya jangan sampai ketinggalan! Seteleh di ambil uangnya, jangan lupa untuk melapor kesekolah, agar sekolah bisa mengkonfirmasi laporan dana bantuan PIP sudah diterima oleh peserta didik penerima.


Demikian informasi terkait CARA CEK NAMA SISWA PENERIMA DANA BANTUAN PIP KEMDIKBUD. Terima kasih telah mengunjungi Arnaim.com, Silahkan bagikan informasi ini jika menurut Anda bermanfaat.