Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru

ARNAIM.COM | Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik berbasis TIK- Profesional, membahas tentang PEMBELAJARAN DI SD BERBASIS TIK. Modul 6 tentang Pendalaman Materi PEMBELAJARAN DI SD BERBASIS TIK dapat diselesaikan dengan baik, tertib, dan efektif tanpa kendala apapun yang berarti. Modul 6 ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta PPG dalam memahami dan menguasai materi PEMBELAJARAN DI SD BERBASIS TIK untuk kemudian nantinya dapat digunakan dan diterapkan sekaligus juga dapat diaplikasikan dalam PEMBELAJARAN BERBASIS TIK di Sekolah Dasar, Modul 6 ini dikembangkan menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut.

  1. Kegiatan Belajar 1: BAHAN AJAR POKOK, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
  2. Kegiatan Belajar 2: MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
  3. Kegiatan Belajar 3: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
  4. Kegiatan Belajar 4: APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK

 Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika

Modul 3 Profesional - IPA







Soal dan KunciJawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru 

1. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang bahan ajar tematik berbasis TIK untuk pembelajaran remedial di SD kelas awal adalah ...

a. Bahan ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur seperti bahan ajar pokok dalam pembelajaran harian dengan mengintegrasikan TIK.

b. Bahan ajar dikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran menggunakan dukungan TIK.

c. Bahan ajar dikemas secara tematik dengan memadukan seluruh mata pelajaran yang terikat pada tema dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.

d. Bahan ajar memuat konsep tentang TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di SD.

e. Bahan ajar dikemas secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang memadukan seluruh mata pelajaran dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.

 

2. Seorang peserta didik di kelas 5 teridentifikasi mengalami kesulitan dalam memahami dan melakukan gerak senam pada mata pelajaran PJOK. Sejauh ini, guru hanya memfasilitasi media pembelajaran yang dominan bersifat auditori sehingga peserta didik tidak belajar secara maksimal. Apakah yang akan Anda lakukan seandainya Anda adalah guru tersebut?

a. Menggunakan media audio-visual agar peserta didik tersebut juga dapat melihat gerak senam dan diperkuat dengan contoh dari guru.

b. Menggunakan multimedia agar peserta didik tersebut dapat berinteraksi dengan baik dalam pembelajaran tersebut.

c. Menggunakan media pembelajaran berupa audio dan diperkuat dengan contoh dari guru.

d. Menggunakan media pembelajaran yang dominan bersifat visual agar peserta didik tersebut bisa memahami materi pembelajaran.

e. Menggunakan media audio-visual agar seluruh peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan baik.

 

3. Dalam pembelajaran di kelas, seorang guru menggunakan metode konvensional untuk menjelaskan proses terjadinya hujan. Akibatnya pada saat evaluasi, peserta didik tidak dapat menjelaskan kembali proses terjadinya hujan menggunakan bahasanya sendiri. Apakah yang seharusnya dilakukan oleh guru tersebut?

a. Guru seharusnya menggunakan aplikasi PowerPoint interaktif untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.

b. Guru seharusnya menggunakan aplikasi Corel Draw untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.

c. Guru seharusnya menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.

d. Guru seharusnya menggunakan Microsoft Excel untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.

e. Guru seharusnya menggunakan aplikasi Microsoft Paint untuk menjelaskan proses terjadinya hujan.

 

4. Seorang guru kelas 2 menggunakan media pembelajaran berupa slide PowerPoint yang diproyeksikan menggunakan proyektor. Slide tersebut hanya terdiri atas teks berbentuk tulisan saja tanpa disertai gambar. Bagaimanakah menurut pendapat Anda mengenai media pembelajaran yang digunakan guru tersebut?

a. Media pembelajaran yang digunakan guru akan membantu peserta didik yang memiliki gaya belajar visual.

b. Media pembelajaran yang digunakan guru seharusnya disertai dengan gambar bergerak atau animasi di setiap slide PowerPoint tentang materi pengembangan yang relevan dengan materi pembelajaran.

c. Media pembelajaran yang digunakan guru seharusnya disertai dengan gambar yang relevan dengan materi pembelajaran karena peserta didik masih berpikir konkret.

d. Media pembelajaran yang digunakan guru seharusnya disertai dengan gambar bergerak atau animasi di setiap slide PowerPoint agar menarik perhatian peserta didik pada gambar tersebut.

e. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru akan membantu peserta didik untuk memahami konsep dari materi pembelajaran secara menyeluruh.

 

5. Pembelajaran di SD yang relevan dengan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 adalah pembelajaran dengan mengintegrasikan TIK. Bagaimanakah menurut pendapat Anda terkait hal tersebut?

a. Mengajarkan peserta didik untuk membuat aplikasi perlu mempertimbangkan perkembangan psikologis mereka.

b. Mengajarkan peserta didik untuk membuat aplikasi sangat sesuai agar mereka memiliki keahlian dalam bidang teknologi.

c. Mengajarkan peserta didik untuk membuat aplikasi kurang relevan karena TIK di SD hanya sebagai penunjang pembelajaran.

d. Mengajarkan peserta didik untuk membuat aplikasi harus disertai bimbingan guru agar aplikasi sesuai dengan materi pembelajaran.

e. Mengajarkan peserta didik untuk membuat aplikasi kurang relevan karena mereka belum mampu membuat aplikasi.

 

6. Saat pembelajaran puisi pada umumnya peserta didik hanya membuat dan membacakan puisi saja tetapi jarang sekali diberikan kesempatan untuk menilai puisi tersebut, sehingga peserta didik tidak mengetahui kelebihan dan kelemahan puisi tersebut. Media pembelajaran di SD yang relevan untuk pembelajaran "apresiasi puisi" adalah...

a. Pembelajaran akan lebih efektif ketika puisi tersebut ditayangkan di papan tulis.

b. Pembelajaran akan lebih efektif ketika puisi ditayangkan menggunakan projektor untuk mengapresiasi puisi.

c. Pembelajaran akan lebih efektif ketika menggunakan tayangan video untuk mengapresiasi puisi.

d. Pembelajaran akan lebih efektif ketika membaca langsung puisi untuk mengapresiasi puisi.

e. Pembelajaran akan lebih efektif ketika menggunakan earphone untuk mengapresiasi puisi.

 

7. Salah satu tujuan dari pembelajaran tematik berbasis TIK adalah memudahkan kegiatan peserta didik untuk melihat hubunganhubungan yang bermakna dari berbagai informasi yang didapatkannya. Kegiatan belajar di bawah ini yang menunjang tercapainya tujuan tersebut adalah...

a. Guru menyampaikan materi dengan PowerPoint lalu peserta didik menyimak apa yang disampaikan oleh guru.

b. Peserta didik memahami materi pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis TIK yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas tanpa penguatan dari guru.

c. Guru membangun daya berpikir peserta didik dengan memberi kebebasan untuk mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan materi pembelajaran berbantuan TIK sebelum guru menguatkannya.

 

d. Peserta didik mencari materi pembelajaran pada media online dan menyampaikan materi pembelajaran yang telah dipelajarinya kepada teman-temannya.

e. Guru menggunakan aplikasi KAHOOT dalam pembelajaran yang membangun daya berpikir, konsentrasi, dan jiwa disiplin peserta didik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

8. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK untuk pembelajaran di SD adalah ...

a. Penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat oleh guru agar peserta didik aman secara fisik dan mental.

b. Penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengan konteks dunia nyata.

c. Penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selama pembelajaran berlangsung.

d. Penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telah berpikir abstrak.

e. Penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK hanya berperan sebagai alat bantu atau pendukung pembelajaran.

 

9. Seorang guru kelas akan mengembangkan LKPD dengan tujuan untuk membuktikan bahwa peserta didik aktif dan mampu menyelesaikan tugas secara mandiri serta meningkatkan sikap kritis dan inisiatif mereka dalam menemukan dan mengolah pengetahuan yang mereka dapatkan. Jenis LKPD yang relevan untuk tujuan tersebut adalah ...

a. LKPD Latihan Psikomotorik Berstruktur, agar peserta didik dapat menuliskan temuantemuan yang mereka dapatkan selama menerapkan dimensi pengetahuan tertentu sehingga LKPD tersebut dirancang untuk membimbing atau memandu peserta didik dalam menyelesaikan tugasnya.

b. LKPD Eksperimental Berstruktur, agar peserta didik dapat menuliskan temuan-temuan yang mereka dapatkan sehingga LKPD tersebut dirancang untuk membimbing atau memandu peserta didik dalam menyelesaikan tugas belajarnya.

c. LPKD Eksperimental Tak Berstruktur, agar peserta didik menuliskan temuan-temuan yang mereka dapatkan sehingga LKPD ini berperan sebagai alat bantu pembelajaran untuk menyelesaikan tugas belajar peserta didik.

d. LKPD Eksploratif Berstruktur, agar peserta didik dapat mengamati dan menganalisis konsep dan materi pembelajaran sehingga LKPD tersebut dirancang untuk membimbing atau memandu peserta didik dalam menyelesaikan tugasnya.

e. LKPD Eksploratif Tak Berstruktur, agar peserta didik dapat mengamati dan menganalisis konsep dan materi pembelajaran sehingga LKPD ini berperan sebagai alat bantu pembelajaran dalam menyelesaikan tugas peserta didik.

 

10. Penyampaian materi pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan TIK sebagai pendukung atau penunjang pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dalam belajar. Salah satu perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan yakni KAHOOT atau Quiziz. Sebagai seorang guru, apa yang akan Anda lakukan ketika menggunakan aplikasi tersebut?

a. Menyampaikan materi pembelajaran menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

b. Menyampaikan materi pembelajaran menggunakan aplikasi KAHOOT dan melakukan evaluasi menggunakan aplikasi Quiziz untuk memudahkan guru.

c. Menyampaikan materi pembelajaran menggunakan aplikasi KAHOOT untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

d. Menyampaikan materi pembelajaran menggunakan aplikasi Quiziz untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

e. Melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik menggunakan aplikasi KAHOOT dan Quiziz untuk memudahkan guru.

 

11. Materi pembelajaran di SD yang relevan dengan tujuan pembelajaran “melalui mengamati benda-benda di sekitar kelas, peserta didik dapat menunjukkan dua benda berbentuk kubus” adalah ...

a. Materi pembelajaran memuat konsep, prinsip, dan prosedur tentang kubus secara lengkap dan mendetail.

b. Materi pembelajaran paling tidak memuat kekuatan dan kelemahan peserta didik Ketika belajar tentang bangun ruang berbentuk kubus.

c. Materi pembelajaran memuat paling tidak konsep tentang kubus.

d. Materi pembelajaran memuat paling tidak pinsip tentang rumus volume kubus.

e. Materi pembelajaran memuat paling tidak fakta tentang benda-benda berbentuk kubus

 

12. Peserta didik di dalam kelas memiliki gaya belajar yang beragam. Seorang peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik selalu mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru menggunakan media visual. Apa yang akan Anda lakukan seandainya menjadi guru tersebut?

a. Menumbuhkan gaya belajar yang baru pada diri peserta didik dengan pendekatan individual.

b. Menerapkan strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik tersebut.

c. Mendampingi peserta didik tersebut selama pembelajaran berlangsung agar peserta didik memahami materi pembelajaran.

d. Menerapkan metode pembelajaran yang beragam ketika menyampaikan materi pembelajaran.

e. Mendorong peserta didik tersebut untuk menyesuaikan gaya belajarnya ketika guru menyampaikan materi pembelajaran.

13. Pengayaan dalam pembelajaran berbasis TIK bertujuan agar peserta didik terpenuhi kebutuhan dan hak untuk belajar sesuai dengan kemampuan, potensi, dan kecerdasan mereka. Dalam pembelajaran pengayaan, seorang guru menginginkan agar kemampuan berpikir peserta didik terasah dengan cara menayangkan suatu masalah nyata menggunakan Video Player yang ditayangkan melalui proyektor pada awal pembelajaran, sehingga peserta didik terdorong untuk menganalisis materi pembelajaran secara mendalam. Pembelajaran yang relevan untuk digunakan dalam pembelajaran pengayaan tersebut adalah ....

a. discovery

b. problem based learning

c. eksploratif

d. problem solving

e. inkuiri

 

14. Guru bermaksud untuk mengembangkan LKPD berbasis TIK dengan cara memandu peserta didik dengan langkah kerja yang dapat ditayangkan melalui proyektor. Perangkat lunak yang sebaiknya digunakan untuk mendesain LKPD tersebut adalah ....

a. Corel Draw

b. Microsoft Excel

c. Adobe Photoshop

d. Microsoft PowerPoint

e. Microsoft Word

1

5. Karakteristik materi pembelajaran berikut yang relevan dengan karakteristik anak usia SD adalah ...

a. Materi pembelajaran dikemas dengan dominan teks tertulis yang mudah dibaca oleh peserta didik.

b. Materi pembelajaran dikembangkan secara meluas dilengkapi ilustrasi-ilustrasi yang relevan.

c. Materi pembelajaran dikembangkan secara mendalam dan mendetail.

d. Materi pembelajaran dikemas secara formal abstrak untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik.

e. Materi pembelajaran dikemas secara terurut dari abstrak ke konkret.

 

16. Seorang guru akan menyusun LKPD yang dilengkapi dengan materi utama dan materi tambahan untuk peserta didik dengan tujuan agar mereka dapat membandingkan pengetahuan yang didapatkan dengan materi pembelajaran yang terdapat dalam LKPD. Bagaimanakah pendapat Anda tentang LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut?

a. LKPD tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang pada umumnya dilengkapi dengan berbagai pertanyaan untuk bahan remedial dan pengayaan.

b. Materi tambahan disajikan untuk membantu peserta didik menemukan atau mengonstruksi informasi atau pengetahuan yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

c. Materi tambahan menjadi materi yang harus dikuasai oleh peserta didik secara bertahap untuk menuntun peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

d. Materi tambahan disediakan bagi peserta didik sebagai pengetahuan baru sehingga mereka merasakan nilai moral dibalik pengalaman belajar yang dilaluinya yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

e. Materi tambahan dalam LKPD tersebut disediakan untuk membekali peserta didik dengan materi pembelajaran yang lebih luas dan bermakna sebagai bentuk penguatan dan pengayaan.

 

17. Seorang guru kelas 5 SD telah mengembangkan LKPD tematik berbasis TIK dalam pembelajaran IPA. Teks LKPD berisi materi pembelajaran dengan langkah kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena seharusnya LKPD dikembangkan secara lengkap memuat informasi, tujuan, contoh, petunjuk atau langkah kerja, dan hasil kerja.

b. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena seharusnya memuat banyak ilustrasi atau gambar untuk memperkuat pemahaman peserta didik untuk dapat memecahkan masalah.

c. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena relevan dengan karakteristik peserta didik SD kelas tinggi untuk dapat memecahkan masalah.

d. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena mencakup materi dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.

e. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut karena memungkinkan peserta didik untuk menggali pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.

18. Guru memberikan remedial pada peserta didik A dengan tingkat kesulitan yang rendah dan lebih banyak bercerita disertai ilustrasi berbantuan TIK. Sedangkan pada peserta didik B diberi kesulitan di atas peserta didik A dengan lebih banyak menggunakan presentasi menggunakan PowerPoint ketika pembelajaran remedial. Pada kasus tersebut guru menerapkan prinsip pembelajaran remedial berbasis TIK, yaitu ....

a. interaktif

b. umpan balik

c. fleksibel

d. adaptif

e. pelayanan sepanjang waktu

 

19. Seorang guru telah membuat dan mengembangkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPD Eksperimental yang memuat serangkaian langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran dan di dalamnya terdapat kegiatan mengamati dan menganalisis konsep dan materi pembelajaran. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu membimbing atau memandu peserta didik dalam menyelesaikan tugas belajar untuk menguasai kompetensi tertentu.

b. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu peserta didik menemukan atau mengonstruksi informasi atau pengetahuan yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

c. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu peserta didik dalam melakukan tugas belajar secara mandiri dan aktif serta dapat memotivasi belajar mereka.

d. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu meningkatkan rasa ingin tahu, sikap kritis, dan inisiatif peserta didik dalam menemukan dan mengolah pengetahuan yang mereka dapatkan.

e. LKPD yang telah dibuat dan dikembangkan oleh guru membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

 

20. Pada saat pembelajaran siang hari, seorang guru menggunakan PowerPoint Interaktif untuk menampilkan materi pembelajaran supaya tidak membosankan bagi peserta didik serta memanfaatkan aplikasi Quizcreator yang dapat membuat soal-soal evaluasi menjadi menarik untuk dikerjakan peserta didik. Manakah pernyataan yang paling relevan dengan kondisi tersebut?

a. Guru mencoba menerapkan aplikasi tersebut agar materi pembelajaran dapat ditampilkan dengan menarik dan efisien.

b. Guru memanfaatkan aplikasi tersebut karena telah tersedia di perangkat keras miliknya.

c. Guru menggunakan aplikasi tersebut agar peserta didik di kelas dapat belajar dengan hati yang riang.

d. Guru memanfaatkan aplikasi tersebut agar peserta didik dapat fokus dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

e. Guru menggunakan aplikasi tersebut sebagai wujud pemanfaatan kemajuan TIK di era disrupsi saat ini.

 

21. Seorang guru kelas 5 telah melaksanakan pembelajaran tematik tentang tema Ekosistem berbantuan TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru meminta peserta didik untuk membuat suatu iklan di komputer masing-masing supaya peserta didik mampu memahami pelajaran lebih mendalam dan berkesan. Bagaimanakah menurut pendapat anda tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan tersebut?

a. Guru keliru melaksanakan pembelajaran berbasis TIK karena pembelajaran tersebut akan membuat peserta didik menjadi pasif.

b. Guru keliru melaksanakan pembelajaran karena tidak menjelaskan materi tentang TIK kepada peserta didik.

c. Guru tepat melaksanakan pembelajaran karena telah menempatkan TIK sesuai dengan perannya sebagai alat bantu pembelajaran.

d. Guru tepat melaksanakan pembelajaran tersebut karena telah menggunakan TIK selama pembelajaran berlangsung.

e. Guru keliru melaksanakan pembelajaran karena TIK telah menggantikan peran guru secara keseluruhan.

 

22. Guru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK berbentuk alat bantu pembelajaran di kelas, tetapi peserta didik cenderung bermain-main dengan alat tersebut. Apa yang harus guru lakukan agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan efektif ?

a. Memarahi peserta didik yang tidak memperhatiakan dan mengarahkannya agar dapat belajar dengan tertib.

b. Membuat aturan tegas yang disepakati bersama pada awal pembelajaran agar peserta didik tertib dalam belajar.

c. Membiarkan peserta didik bermain sepuasnya hingga akhirnya mengikuti pembelajaran.

d. Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil untuk beraktivitas secara kelompok.

e. Menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran agar peserta didik dapat belajar sesuai dengan keunikannya.

 

23. Penerapan pembelajaran tematik berbasis TIK tidak bisa lepas dari prinsip-prinsipnya. Salah satu prinsip pembelajaran tematik yaitu prinsip fleksibel, dimana prinsip ini bersifat luwes dimana guru dapat mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Fungsi TIK yang paling relevan dengan prinsip fleksibel berdasarkan pernyataan di atas adalah ...

a. TIK dapat membantu guru merancang situasi didaktis yang mengaktifkan peserta didik selama pembelajaran dan TIK dapat memfasilitasi peserta didik untuk melakukan aktivitas belajarnya.

b. TIK dapat membantu peserta didik untuk melakukan repersonalisasi atau melakukan pengalaman belajar yang aktif dan membantu guru untuk memantau proses dan hasil belajar peserta didik.

c. TIK dapat membantu guru menyediakan stimulus yang kontekstual supaya peserta didik dapat mengaitkan berbagai konsep atau materi pembelajaran dengan stimulus tersebut.

d. TIK dapat membuat pembelajaran semakin menarik dan memotivasi peserta didik untuk belajar.

e. TIK dapat membuat pembelajaran semakin menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk belajar sesuai dengan minatnya.

 

24. Seorang peserta didik terindentifikasi memiliki gaya belajar visual. Ia kesulitan memahami gerakan senam lantai yang sudah disampaikan oleh guru secara verbal. Apa yang akan Anda lakukan sebagai seorang guru untuk mengatasi hal tersebut?

a. Membuat dan mengembangkan LKPD yang disertai langkah-langkah senam lantai dalam bentuk ilustrasi atau gambar secara sistematis.

b. Membuat dan mengembangkan LKPD yang di dalamnya terdapat kegiatan mengamati dan menganalisis langkahlangkah senam lantai.

c. Mengembangkan dan menggunakan LKPD tematik yang hanya memadukan unsur visual.

d. Membuat dan mengembangkan LKPD yang memuat langkah-langkah senam lantai secara sistematis.

e. Menggunakan LKPD tematik yang memuat berbagai jenis LKPD sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan mata pelajaran.

 

25. Seorang guru memberikan tugas menggambar kepada peserta didik mengenai gambar dekoratif, kartun, dan karikatur yang akibatnya banyak kertas yang harus digunakan oleh peserta didik untuk mengerjakan tugas tersebut. Apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang guru di Era Revolusi Industri 4.0 terkait hal tersebut?

a. Guru menggunakan Microsoft Paint.

b. Guru menggunakan Microsoft Word.

c. Guru tetap menggunakan kertas, tetapi dengan ukuran yang kecil.

d. Guru menggunakan Microsoft PowerPoint.

e. Guru tetap menggunakan kertas.

26. Dalam proses pembelajaran, guru selalu memakai media pembelajaran berbasis aplikasi sehingga membuat peserta didik menjadi ketergantungan. Apakah yang akan Anda lakukan sebagai guru untuk menanggulangi hal tersebut?

a. Guru tidak perlu menggunakan aplikasi sebagai media pembelajaran karena berbahaya bagi peserta didik.

b. Guru harus menggunakan media pembelajaran yang variatif pada setiap pembelajaran.

c. Guru tidak peduli akan hal itu karena yang terpenting adalah tujuan pembelajaran tercapai.

d. Guru hanya memakai aplikasi yang guru miliki di komputer miliknya dalam proses pembelajaran.

e. Guru harus menyediakan media pembelajaran berbasis aplikasi pada setiap pembelajaran.

 

27. Seorang guru kelas telah mengembangkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPD Eksperimental yang digunakan pada mata pelajaran IPA di SD kelas 4 yang mengandung sedikit petunjuk, alat dan bahan, serta langkah-langkah kerja yang di susun secara sistematis dan terstruktur untuk memandu peserta didik dalam melaksanakan eksperimen atau praktikum tertentu. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. LKPD yang dikembangkan oleh guru membatasi peserta didik dalam mendapatkan hasil eksperimen yang telah dilaksanakan.

b. LKPD yang dikembangkan oleh guru berfungsi untuk mengembangkan pemahaman peserta didik terhadap suatu pelajaran.

c. LKPD yang dikembangkan oleh guru sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran di SD terutama untuk menggali pengetahuan konseptual

d. LKPD yang dikembangkan oleh guru memungkinkan peserta didik berpikir secara ilmiah dan menggali sendiri pengetahuan.

e. LKPD yang dikembangkan oleh guru tidak sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran di SD terutama untuk menggali pengetahuan faktual dan konseptual

 

28. Seorang guru SD melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tematik berbasis TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan bahan ajar yang telah dikemasnya secara audio-visual dalam bentuk PowerPoint (ppt) dan dilanjutkan dengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?

a. Guru keliru memahami peran TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru.

b. Guru keliru menggunakan bahan ajar berbasis TIK karena bahan ajar berbasis TIK pada umumnya akan membuat peserta didik menjadi pasif.

c. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 dan menyiapkan peserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.

d. Guru telah menempatkan TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.

e. Guru telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan TIK selama pembelajaran berlangsung.

 

29. Berikut yang merupakan cara merancang program remedial berdasarkan informasi hasil penilaian pada aspek pengetahuan adalah ...

a. Metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya.

b. Memberi bimbingan secara perorangan bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang sama

c. Metode pembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan kesulitan belajar peserta didik.

d. Memberi bimbingan dengan memanfaatkan tutor sebaya yang juga merupakan peserta didik yang harus diremedial baik secara individu maupun kelompok.

e. Memberi bimbingan secara kelompok bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yang berbeda.

 

30. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru menyiapkan berbagai buku yang berisi ceritacerita hikmah dan menyiapkan video berisi film edukasi yang akan ditayangkan di kelas. Dua komponen tersebut dikaitkan dengan kebutuhan belajar peserta didik ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Hal tersebut di atas termasuk tahap kegiatan sistematis dalam mengembangkan bahan ajar berbasis TIK, yaitu ....

a. Analisis sumber belajar

b. Analisis materi pembelajaran

c. Penentuan jenis serta judul bahan ajar

d. Analisis kompetensi

e. Analisis media belajar

 

Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Tematik Berbasis TIKPPG Terbaru . Semoga bermanfaat.


Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif