Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG Terbaru

 ARNAIM.COM | Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Kegiatan Belajar 3 - Profesional, membahas tentang LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK. Kegiatan Belajar 3 ini membahas tentang karakteristik LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK dan cara membuatnya untuk digunakan dalam pembelajaran di SD. Secara spesifik, Kegiatan Belajar 3 memandu peserta untuk mempelajari tentang: (1) hakikat LKPD; (2) jenis-jenis LKPD; (3) LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK; (4) prosedur penyusunan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK; dan (5) penggunaan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD. Kelima materi pokok dalam Kegiatan Belajar 3 pada modul ini dilengkapi dengan bahan tayang, contoh, dan video pembelajaran menggunakan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK untuk memperkuat pemahaman peserta tentang LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK, cara membuat, dan penggunaannya dalam pembelajaran di SD.

Materi Kegiatan Belajar 3 pada modul ini relevan dengan tuntutan pembelajaran di SD pada Era Revolusi Industri 4.0 dan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 2A ayat (1) tentang integrasi TIK dalam pembelajaran di SD. Kegiatan Belajar 3 pada modul ini juga membahas tentang LKPD pembelajaran tematik, mulai dari hakikat, cara membuat dan penggunaannya dalam pembelajaran yang relevan dengan karakteristik pembelajaran di SD. Selain itu, pembahasan tentang LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK, cara membuat, dan penggunaannya dalam pembelajaran di SD sangat diperlukan oleh peserta sebagai guru SD dan relevan dengan kompetensi guru SD utamanya kompetensi profesional terkait pengembangan bahan ajar mengingat LKPD merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang harus dikembangkan oleh guru agar peserta didik dapat mengonstruksi dan melakukanaktivitas secara mandiri sesuai langkah kerja pada LKPD.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan pada Kegiatan Belajar 3 ini adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, , inovatif, kreatif, humanis, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian.

Sub-Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran di atas, dirinci lebih spesifik menjadi subcapaian pembelajaran yang diharapkan dari setiap peserta sebagai berikut.

1. Menguasai karakteristik LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK.

2. Menguasai cara menyusun LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK.

3. Menyusun LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK.

4. Menggunakan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD.

 

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 

Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika

Modul 3 Profesional - IPA








Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 5 KB 4 Profesional - PPKN 


ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG Terbaru
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG Terbaru


Soal dan KunciJawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG Terbaru 

1. Guru bermaksud untuk mengembangkan LKPD berbasis TIK dengan cara memandu peserta didik dengan langkah kerja yang dapat ditayangkan melalui proyektor. Perangkat lunak yang sebaiknya digunakan untuk mendesain LKPD tersebut adalah ....

a. Microsoft Word

b. Microsoft Excel

c. Corel Draw

d. Adobe Photoshop

e. Microsoft Powerpoint

 

2. Seorang peserta didik teridentifikasi memiliki gaya belajar auditori. Ia sulit memahami perintah kerja yang disampaikan oleh guru melalui LKPD yang dikemas dalam bentuk gambar dan tulisan. Apakah yang akan Anda lakukan seandainya Anda adalah guru kelas tersebut?

a. Mengembangkan dan menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang hanya mengandung unsur auditori.

b. Mengembangkan dan menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang memadukan unsur audio-visual.

c. Menggunakan LKPD dengan petunjuk dan langkah kerja dibacakan berulang-ulang oleh guru agar peserta didik tersebut memahaminya.

d. Mengembangkan dan menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang memuat banyak ilsutrasi berupa gambar.

e. Menggunakan LKPD tematik berbasis TIK yang memuat berbagai jenis LKPD sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan mata pelajaran.

 

3. Seorang guru kelas menggunakan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK yang cenderung menguji pemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang penggunaan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK oleh guru tersebut?

a. Guru keliru dalam memanfaatkan LKPD karena tidak memfasilitasi karakteristik peserta didik SD yang senang melakukan aktivitas secara langsung.

b. Guru telah menggunakan LKPD sesuai dengan fungsinya sebagai sarana atau alat bantu pembelajaran.

c. Guru keliru dalam memanfaatkan LKPD karena tidak menarik dan tidak memotivasi peserta didik untuk belajar.

d. Guru tidak dapat membedakan LKPD dengan instrumen evaluasi sehingga penggunaan LKPD tidak berorientasi pada proses.

e. Guru telah menggunakan LKPD sesuai dengan fungsinya sebagai sumber belajar dan alat penilaian.

 

4. Seorang guru akan mengembangkan LKPD dengan tujuan supaya peserta didik dapat membuktikan hubungan antara gaya dan gerak benda. Jenis LKPD yang relevan untuk tujuan tersebut adalah ....

a. LKPD Latihan Psikomotorik Tidak Terstruktur

b. LKPD Eksploratif Terstruktur

c. LKPD Latihan Psikomotorik Terstruktur

d. LKPD Ekploratif Tidak Terstruktur

e. LKPD Eksperimental Terstruktur

 

5. LKPD yang relevan untuk tujuan pembelajaran “melalui mengamati benda-benda di sekitar kelas, peserta didik dapat menyebutkan tiga contoh benda berbentuk balok” adalah ....

a. LKPD Latihan Psikomotorik Terstruktur

b. LKPD Eksperimental Terstruktur

c. LKPD Ekploratif Terstruktur

d. LKPD Latihan Psikomotorik Tidak Terstruktur

e. LKPD Eksperimental Tidak Terstruktur

 

6. Seorang guru kelas bermaksud untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis huruf dan angka. Jenis LKPD yang relevan untuk kondisi tersebut adalah ....

a. LKPD Eksperimental Terstruktur

b. LKPD Ekploratif Tidak Terstruktur

c. LKPD Latihan Psikomotorik

d. LKPD Eksperimental Tidak Terstruktur

e. LKPD Eksploratif Terstruktur

 

7. Seorang guru kelas telah mengembangkan LKPD pembelajaran berbasis TIK dengan jenis LKPD Eksploratif yang mengandung sedikit petunjuk atau langkah kerja dengan materi pembelajaran lengkap, luas, dan mendalam mulai dari penunjang, pokok, dan pengembangan. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. LKPD yang dikembangkan oleh guru berfungsi sebagai sumber belajar dan bahan ajar.

b. LKPD yang dikembangkan oleh guru memungkinkan peserta didik menggali pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.

c. LKPD yang dikembangkan oleh guru tidak relevan dengan karakteristik peserta didik SD yang masih berpikir secara konkret dan terpadu.

d. LKPD yang dikembangkan oleh guru membatasi aktivitas peserta didik dalam melakukan eksplorasi.

e. LKPD yang dikembangkan oleh guru sudah lengkap dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

8. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK untuk pembelajaran di SD adalah ...

a. LKPD tematik berbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selama pembelajaran berlangsung.

b. LKPD tematik berbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telah berpikir abstrak.

c. LKPD tematik berbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat oleh guru agar peserta didik aman secara fisik dan mental.

d. LKPD tematik berbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengan konteks dunia nyata.

e. LKPD tematik berbasis TIK hanya berperan sebagai alat bantu atau pendukung pembelajaran.

 

9. Seorang guru hanya mengembangkan LKPD pembelajaran tematik berbasis TIK untuk tujuan pembelajaran tertentu yang dianggap penting untuk peserta didik beraktivitas. Bagaimanakah pendapat Anda tentang LKPD yang dikembangkan oleh guru tersebut?

a. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena fungsi LKPD adalah sebagai alat bantu pembelajaran.

b. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena dapat membatasi aktivitas belajar peserta didik.

c. Saya setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena tidak semua materi atau tujuan pembelajaran harus difasilitasi melalui LKPD.

d. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena seharusnya LKPD dikembangkan secara lengkap untuk seluruh tujuan pembelajaran.

e. Saya tidak setuju dengan LKPD yang dikembangkan oleh guru karena LKPD tidak hanya sebagai alat bantu pembelajaran tetapi harus menjadi bagian integral dari proses pembelajaran

 

10. Seorang guru kelas di kelas 1 SD telah mengembangkan LKPD tematik berbasis TIK. Semua teks dalam LKPD berbentuk tulisan tentang petunjuk dan langkah kerja yang harus dilakukan oleh peserta didik. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang LKPD yang telah dikembangkan oleh guru tersebut?

a. LKPD yang dikembangkan oleh guru sebaiknya mengandung teks berbentuk tulisan dan gambar dengan proporsi seimbang.

b. LKPD yang dikembangkan oleh guru relevan dengan karakteristik peserta didik SD yang senang melakukan aktivitas langsung.

c. LKPD yang dikembangkan oleh guru efektif untuk menyampaikan pesan berbentuk materi pembelajaran kepada peserta didik.

d. LKPD yang dikembangkan oleh guru dapat memandu peserta didik untuk menyelesaikan tugas belajar.

e. LKPD yang dikembangkan oleh guru seharusnya lebih banyak ilustrasi gambar karena peserta didik masih pada awal berpikir konkret.

 

Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik BerbasisTIK KB 3 PPG Terbaru . Semoga bermanfaat.


Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif