Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru

ARNAIM.COM | Soal dan KunciJawaban Tes Formatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul PPKN Kegiatan Belajar 4 - Profesional, membahas tentang PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL. Dalam kegiatan belajar ke-4 ini Anda akan diajak untuk mempelajari materi tentang Pancasila dan Kewarganegaraan Global. Materi ini sangat penting untuk Anda kuasai dalam kedudukan Anda sebagai guru. Dengan memahami materi pada kegiatan belajar ini, tentu saja akan menambah wawasan anda sebagai bekal untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada setiap peserta didik di sekolah Anda. Materi Pancasila dan Kewarganegaraan Global merupakan materi yang bersifat mendasar dalam pembelajaran PPKN di SD. Oleh karena itu, penguasaan guru akan substansi pada materi ini sangat penting sebagai bekal dalam mengelola kelas PPKN, sehingga tujuan utama PPKN sebagai mata pelajaran yang mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang cerdas dan baik dapat tercapai.

Capaian Pembelajaran

Menguasai teori dan aplikasi mencakup muatan materi lima mata pelajaran pokok di SD 1) Bahasa Indonesia terdiri atas Ragam Teks; Satuan Bahasa Pembentuk Teks, Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi; Struktur, Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi, serta Apresiasi dan Kreasi Sastra Anak; 2) Matematika terdiri atas Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Statistik, dan Kapita Selekta; 3) Ilmu Pengetahuan Alam terdiri atas Metode Ilmiah, Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Benda dan Sifatnya, Energi dan Perubahannya, Bumi dan Alam Semesta; 4) Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri atas Manusia, Tempat dan Lingkungan; Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan; Sistem Sosial dan Budaya; Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan; Fenomena Interaksi Dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global; dan 5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang terdiri atas Hak Asasi Manusia; Persatuan dan Kesatuan Dalam Keberagaman Masyarakat Multikultur; Konsep Nilai, Moral, dan Norma; Pancasila; serta Kewarganegaraan Global; termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari”

Sub Capaian Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pada kegiatan belajar ini, diharapkan Anda mampu menguasai materi tentang:

1. Sejarah perumusan Pancasila dan, nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD.

2. Hakikat kewarganegaraan global, tantangan di era globalisasi, dampak positif dan negatif globalisasi, dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD. Agar Anda memperoleh hasil atau memiliki kompetensi yang diharapkan dalam mempelajari materi pembelajaran pada kegiatan belajar ini, ikutilah petunjuk belajar berikut ini.

1. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan ini sampai Anda faham betul tentang apa, untuk apa dan bagaimana mempelajari materi pada kegiatan belajar ini.

2. Bacalah sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dan kata-kata yang Anda anggap asing. Pelajarilah kata-kata tersebut dengan mencari makna atau pengertiannya pada kamus yang Anda miliki.

3. Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi kegiatan belajar ini melalui pemahaman sendiri, dan lakukan sharing pendapat dengan kolega yang juga memperdalam materi atau dengan instruktur yang ditunjuk oleh lembaga.

4. Mantapkan pemahaman Anda melalui diskusi, dan menganalisis berbagai kasus yang relevan dengan materi pada kegiatan belajar ini.

 

Rangkuman Kegiatan Belajar 4

1. Pancasila itu merupakan landasan bagi penyelenggara negara dan pelaksanaan sistem pemerintahan yang memiliki kedudukan tertinggi dan sebagai sumber dari segala sumber hukum dalam ketatanegaraan di Indonesia, konsekuensinya segala peraturan yang ada harus berdasar dan bersumberkan Pancasila.

2. Pancasila sebagai ideologi nasional dapat diartikan sebagai suatu pemikiran yang memuat pandangan dasar dan cita-cita mengenai sejarah, manusia, masyarakat, hukum dan negara Indonesia yang bersumber dari kebudayaan  nasional. Pancasila menjadi basis teori dalam penyelenggaran negara. Sebagai ideologi nasional, Pancasila mencakup ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila itu sendiri. Jadi Pancasila mempunyai tiga kedudukan yang istimewa secara sekaligus yaitu sebagai ideologi nasional, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia.

3. Masuknya globalisasi ke Indonesia tentu saja secara langsung akan membawa pengaruh baik yang positif maupun yang negatif ke dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pengaruh tersebut dapat terlihat dalam aspek politik, ekonomi, sosial-budaya serta pertahanan dan keamanan.

4. Ada tiga alternatif sikap yang bisa diambil oleh bangsa kita dalam mengahadapi globalisasi ini. Pertama, menolak dengan tegas semua pengaruhglobalisasi dalam semua aspek kehidupan. Kedua, menerima sepenuhnya pengaruh tersebut tanpa disaring terlebih dahulu. Ketiga, bersikap selektif dalam mengambil hal-hal positif dari globalisasi dan membuang hal-hal negatifnya


Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 

Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika

Modul 3 Profesional - IPA








ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban TesFormatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru

1. Sebagai suatu sistem pemikiran, ideologi bersumber dari pandangan dan falsafah hidup bangsa. Hal akan akan menjadikan ideologi itu berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat dan kecerdasan kehidupan bangsa. Yang  berarti, ideologi itu sifatnya terbuka dan senantiasa mendorong terjadinya perkembangan - perkembangan pemikiran baru terkait ideologi itu, tanpa harus kehilangan jati dirinya dan mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakatnya. Sama halnya dengan Pancasila yang nilai-nilainya terus berkembang dan bersumber dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Berkaitan dengan hal itu, arti penting Pancasila sebagai ideologi negara adalah … .

A.Pancasila merupakan suatu ideologi yang pragmatis, yang hanya menekankan pada segi praktis-praktis belaka tanpa adanya aspek idealisme

B.Pancasila merupakan norma yang bersifat idealis, nyata dan reformatif yang tidak hanya dibenarkan, melainkan dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat.

C.nilai-nilai Pancasila berubah-ubah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu

D.Pancasila Isinya terdiri dari tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang diperlukan dan wajib ditaati oleh seluruh warga masyarakat

E.Pancasila diciptakan oleh negara, dalam hal ini penguasa negara yang mutlak harus diikuti oleh seluruh warga masyarakat

 

2. Dari pernyataan-pernyataan berikut ini manakah yang menunjukkan bahwa nilai Pancasila itu bersifat subjektif?

A.Rumusan sila-sila Pancasila menunjukkan adanya sifat universal

B.Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup, pegangan hidup, pedoman hidup, petunjuk hidup bangsa Indonesia

C.Nilai-nilai Pancasila terkait dengan hidup kemanusiaan yang mutlak

D.Pancasila dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menurut ilmu hukum memenuhi syarat sebagai pokok kaidah negara yang fundamental

E.Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengandung makna tidak dapat diubah (tetap) karena kemerdekaan (yang di dalamnya mengandung Pancasila) merupakan karunia Tuhan

 

3. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!

1)      Mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)

2)      Membayar iuran warga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3)      Membayar pajak kendaraan bermotor sesuai dengan ketentuan yang berlaku

4)      Menjaga kelestarian lingkungan sekitar tempat tinggal

5)      Memberikan bantuan Program Keluarga Harapan tepat sasaran.

6)      Berani menyampaikan pendapat untuk kepentingan bersama.

7)      Mengendalikan diri untuk tidak menyebarkan berita-berita hoax (bohong).

8)      Menghargai keberadaan orang lain.

 

Berdasarkan       pernyataan-pernyataan di            atas,      perilaku                positif   yang      menjamin terwujudnya nilai keadilan di lingkungan masyarakat ditunjukkan oleh nomor … .

A.(1), (2), (3), dan (4)

B.(1), (3), (5), dan (7)

C.(2), (4), (6), dan (8)

D.(3), (5), (7), dan (8)

E.(4), (5), (7), dan (8

 

4. Pancasila sebagai dasar negara mempunyai makna ... .

A.sebagai pedoman bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari

B.sebagai pedoman dalam penyusunan perundang-undangan

C.sebagai way of life

D.sebagai dasar dalam menyelenggarakan pemerintahan negara

E.sebagai etika kehidupan bermasyarakat

 

5. Kecanggihan alat komunikasi yang ditandai dengan munculnya internet secara langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi dari belahan bumi lainnya, sehingga kita secara tidak langsung telah melakukan proses tranformasi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita. Selain itu juga, dengan adanya informasi tersebut kita bisa mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai kehidupan, pola berpikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan dan kesejahteraan kita. Kondisi tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka. Berkaitan dengan hal itu, bagaimana tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara apabila dikaitkan perkembangan IPTEK?

A.Perkembangan IPTEK harus mendorong para pejabat negara untuk melek teknologi dengan tidak meninggalkan nilai-nilai Pancasila.

B.Perkembangan IPTEK harus dapat memperkokoh posisi rakyat Indonesia sebagai objek pembangunan politik.

C.Pembangunan IPTEK harus mendorong terwujudnya sistem ekonomi berbasis pasar dan moderen.

D.Pembangunan  IPTEK ditujukan untuk meningkatkan derajat kemerdekaan manusia dengan segala bentuk kebebasannya.

E.Perkembangan  IPTEK tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan dan diciptakan, tetapi memikirkan dampak bagi manusia dan lingkungannya.

 

6. Menurut Undang-Undang RI Nomor 12 yang menjadi warga negara Indonesia adalah....

A.anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah Warga Negara Indonesia dan ibu warga negara asing

B.orang Indonesia, kawulanegara Belanda, yang bertempat tinggal di Suriname atau Antilen (koloni Belanda)

C.penduduk asli Indonesia, yaitu mereka yang dahulu termasuk golongan Bumiputera dan berkedudukan di Wilayah RI

D.orang Cina dan Arab yang lahir di Indonesia atau sedikitnya bertempat tinggal enam bulan di wilayah RI dan dalam waktu dua tahun sesudah tanggal 27 Desember 1949 menyatakan memilih menjadi warga negara Indonesia

E.anak-anak yang lahir dalam waktu 300 hari setelah ayahnya yang mempunyai kewarganegaraan Indonesia meninggal

 

7. Pada saat ini Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui televisi,radio,media cetak, internet dan lain-lain. Dengan jaringan komunikasi yang semakin berkembang pesat telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Alhasil selera masyarakat dunia - baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global. Kondisi tersebut menunjukkan terjadinya globalisasi pada bidang … .

A.ideologi

B.politik

C.ekonomi

D.sosial budaya

E.pertahanan dan keamanan

 

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.

1)      Meningkatnya demokratisasi, tranparansi dalam pemerintahan.

2)      Meningkatkan kemakmuran masyarakat

3)      Terwujudnya jaminan hak asasi manusia oleh suatu negara.

4)      Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya tinggi.

5)      Meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat.

6)      Meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.

7)      Terwujudnya kebebasan yang bertanggungjawab sehingga dapat mendorong kreatifitas masyarakat

8)      Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, manakah yang merupakan dampak positif globalisasi di bidang ekonomi?

A.(1), (2), (3), dan (4)

B.(1), (3), (5), dan (7)

C.(2), (4), (6), dan (8)

D.(3), (5), (7), dan (8)

E.(4), (5), (7), dan (8)

 

 

9. Dalam bidang sosial, globalisasi telah membawa pengaruh dalam perilaku yang ditampilkan oleh setiap masyarakat. Diantara pengaruh tersebut adalah dalam hal gaya hidup, gaya pakaian, dasar ikatan hidup bermasyarakat dan semakin mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi sosial?

A.Bangsa Indonesia harus menerima sepenuhnya nilai-nilai kehidupan yang berkembang pada masyarakat Internasional

B.Bangsa Indonesia harus menolak sepenuhnya semua nilai-nilai kehidupan yang berkembangsa pada masyarakat Internasional

C.Bangsa Indonesia harus bersikap terbuka terhadap berbagai pengaruh globalisasi dengan cara meninggalkan semua tradisi kedaerahan.

D.Bangsa Indonesia harus bersikap selektif terhadap pengaruh globalisasi sosial dengan memperkuat paham kedaerahan.

E.Bangsa Indonesia harus memanfatkan kemajuan ilmu pengetahuan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kebangsaan yang selama ini diyakini kebenarannya.

 

10. Globalisasi ekonomi bukanlah proses yang baru. Sejak 5 abad yang lalu perusahaan - perusahaan di negara-negara yang perekonomiannya berkembang maju, telah memperluas jangkauannya melalui aktivitas produksi dan perdagangan ke berbagai belahan dunia. Namun, sejak dua hingga tiga dekade lalu, globalisasi ekonomi telah semakin mempercepat perluasan jangkauannya sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan kebijakan-kebijakan liberalisasi yang telah melanda dunia. Oleh karena itu, bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi ekonomi tersebut?

A.Bangsa Indonesia harus menyesuaikan sistem perekonomian Pancasila dengan melaksanakan nilai-nilai ekonomi liberal.

B.Bangsa Indonesia harus mempertimbangkan kepentingan pasar internasional dalam melakukan kebijakan pembangunan ekonomi.

C.Melakukan amandemen UUD NRI 1945 untuk memasukkan nilai-nilai ekonomi liberal yang lebih modern supaya mendapatkan kepastian hukum.

D.Bangsa Indonesia harus menerapkan sistem ekonomi kerakyatan, berasas kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, bermoral Pancasila dan berpihak kepada rakyat.

E.Pemerintah Indonesia harus mengubah pola pikir masyarakat Indonesia untuk mengikuti sepenuhnya proses globalisasi ekonomi dunia

 

 

Demikian tadi artikel tentang Soaldan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru. Semoga bermanfaat

Baca Juga :

Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif