Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul IPS KB 2 PPG Terbaru

ARNAIM.COM | Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul IPS KB 2 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul IPS Kegiatan Belajar 2 - Profesional,  membahas tentang waktu, perubahan dan system sosial budaya. Kegiatan Belajar (KB) 2 ini membahas tentang waktu, perubahan dan system sosial budaya. Dalam KB 2 ini pembahasannya diawali dengan topik: (1) waktu yang mencakup konsep waktu, arti dan makna sejarah, metode sejarah; (2) keberlanjutan dan perubahan dalam sejarah; (3) sistem sosial budaya mencakup kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan dan watak nilai. Ketiga topik dalam KB 2 ini dilengkapi dengan bahan tayang, contoh bahan ajar dan video pembelajaran untuk memperkuat pemahaman peserta tentang bahan ajar yang dapat membekali untuk kepentingan pembelajaran IPS di SD. Materi KB 2 pada modul ini relevan dengan tuntutan pembelajaran di SD terutama tuntutan terhadap penguasaan bidang profesional guru khususnya bidang studi IPS. Pembahasan tentang bahan ajar dalam KB 2 ini sangat diperlukan oleh peserta sebagai guru SD dan relevan dengan kompetensi guru SD yaitu kompetensi profesional terkait pengembangan bahan ajar

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan pada KegiatanBelajar (KB) 2 ini adalah mampu menguasai teori dan aplikasi mencakup muatan materi 5 mata pelajaran pokok di SD, yaitu (1) Bahasa Indonesia terdiri atas Ragam Teks; Satuan Bahasa Pembentuk Teks, Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi; Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi, serta Apresiasi dan Kreasi Sastra Anak; (2) Matematika terdiri atas Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Statistik dan Kapita Selekta; (3) Ilmu Pengetahuan Alam terdiri atas Metode Ilmiah, Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Benda dan Sifatnya, Energi dan Perubahannya, Bumi dan Alam Semesta; (4) Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri atas Manusia, Tempat dan Lingkungan; Waktu, Keberlanjutan dan Perubahan; Sistem Sosial dan Budaya; Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan; Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global; dan (5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang terdiri atas Hak Asasi Manusia; Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman Masyarakat Multikultur; Konsep Nilai, Moral, dan Norma; Pancasila; serta Kewarganegaraan Global; termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan seharihari.

 

Sub Capaian Pembelajaran

Sub capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan adalah menguasai ruang lingkup materi waktu, perubahan dan sistem sosial budaya serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD. Dengan mempelajari sub capaian ini diharapkan mampu:

  1. Menguasai materi waktu yang mencakup konsep waktu, arti dan makna sejarah, konsep sejarah serta metode sejarah.
  2. Menguasai materi keberlanjutan dan perubahan dalam sejarah.
  3. Menguasai sistem sosial budaya yang mencakup kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan dan watak nilai.

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika

Modul 3 Profesional - IPA







Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 5 KB 4 Profesional - PPKN 


Rangkuman

Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan sedang berlangsung. Kata sejarah di dalamnya mengandung arti pertumbuhan atau kejadian yang tumbuh hidup, berkembang, bergerak terus dan akan berjalan terus tanpa henti sepanjang waktu. Sejarah sebagai sebuah peristiwa menyangkut peran manusia baik sebagai objek maupun sebagai subjek pelaku  dalam peristiwa sejarah dalam kurun waktu dan ruang. Sejarah sebagai kisah adalah sejarah yang dikenal sehari-hari melalui buku-buku, majalah-majalah, dan surat-surat kabar. Sedangkan sejarah sebagai ilmu adalah sejarah sebagai aktualitas, mengadakan penelitian dan pengkajian terhadap peristiwa sejarah. Metode sejarah merupakan pedoman yang digunakan sejarawan terhadap sumber-sumber sejarah melalui tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Kehidupan manusia saat ini merupakan keberlanjutan dari kehidupan masa lampau dan kehidupan saat ini merupakan jalan untuk menyongsong kehidupan di masa datang. Perubahan adalah gejala biasa yang terjadi dalam setiap masyarakat, cepat atau lambat masyarakat akan mengalami perubahan. Sistem sosial adalah orang-orang yang ada dalam kelompok yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lain. Sistem budaya merupakan ideide, gagasan, gagasan manusia yang hidup bersama dalam suatu masyarakat.

ARNAIM.COM - SOAL DAN KUNCI JAWABAN TES FORMATIF KB 2 MODUL IPS
ARNAIM.COM - SOAL DAN KUNCI JAWABAN TES FORMATIF KB 2 MODUL IPS

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul IPS KB 2 PPG Terbaru

 1. Waktu, ruang dan peristiwa adalah tiga dimensi yang satu sama lainnya saling berhubungan. Ketiga dimensi tersebut berkaitan dengan kehidupan manusia. Kesatuan tiga dimensi waktu, ruang dan peristiwa yang berkaitan dengan manusia dalam sejarah memberi pengertian bahwa ....

a.       sejarah dibuat oleh manusia

b.      masyarakat manusia berada di tempat tertentu di dunia

c.       perubahan adalah hakikat sejarah

d.      sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada kurun waktu tertentu

e.       perubahan dan keberlanjutan peristiwa

 

 

2.Unsur waktu dalam sejarah adalah sangat penting dalam arti kelangsungan dan perubahan. Waktu menjadi bagian dari sejarah sebagai identitas sebuah peristiwa terjadi. Peristiwa dalam sejarah akan berulang dengan perbedaan pada waktu yang berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa waktu dalam sejarah ialah ….

a.       waktu tertentu

b.      waktu yang lalu

c.       waktu berlalu

d.      waktu tak terhingga

e.       waktu yang berlangsung

 

 

3.Hakikat sejarah ialah kelangsungan dan perubahan dalam dimensi waktu, ruang dan manusia yang berwujud peristiwa yang terjadi. Peristiwa yang tercatat dalam sejarah seringkali menjadi bagian dari penelitian. Karena itu merupakan isu utama dalam penelitian tentang objek study sejarah adalah mengenai ….

a.       kelangkaan sumber sejarah

b.      kehandalan metode dan teknik penelitiannya

c.       kesenjangan waktu

d.      objektivitas dan subjektivitas sejarah

e.       keotentikan sumber-sumber sejarah

 

 

4.Sejarah menyimpan banyak peristiwa. Peristiwa-peristiwa sejarah menjadi bagian catatan masa lalu yang dialami manusia. Karena begitu luas dan hampir tak terbatasnya materi yang menjadi objek studi sejarah maka salah satu prinsip yang digunakan dalam penyusunan sejarah ialah ….

a.      Kronologis

b.      kategorisasi

c.       akomodasi

d.      seleksi

e.       keberlanjutan

 

 

5.Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Hubungan ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Segala tindakan dan perilaku manusia yang ada di masyarakat ini tertuju untuk mendapatkan hubungan sosial berupa ….

a.       Pertahanan hidup

b.      Pemenuhan pangan, sandang dan papan

c.       Kepuasan pergaulan dengan orang lain

d.      Bantuan dari orang lain

e.       Saling berkomunikasi

 

 

6.Kebudayaan memiliki tiga unsur penting. Sistem budaya, sistem sosial dan wujud budaya. Ketiga sistem tersebut tentunya memiliki hubungan satu sama lainnya Unsur kebudayaan yang merupakan penjelmaan dari wujud sistem budaya adalah….

a.       Bangunan sekolah

b.      Tata tertib sekolah

c.       Kepala sekolah

d.      Pakaian seragam sekolah

e.       Fasilitas sekolah

 

 

7.Sekolah adalah bagian dari unsur pendidikan dalam kehidupan manusia. Di sekolah kita dapat melihat keterkaitan antar ketiga unsur kebudayaan. Keberadaan pendidik dan tenaga kependidikan, aturan dan tata tertib serta program-program peningkatan mutu pendidikan pun menjadi bagian yang penting pada sekolah. Interaksi antar guru dengan guru, guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa adalah interaksi yang terjadi di lingkungan sekolah. Unsur kebudayaan yang merupakan wujud dari sistem sosial pada kondisi di atas adalah….

a.       Lambang sekolah

b.      Peraturan sekolah

c.       Seragam sekolah

d.      Hubungan guru di sekolah

e.       Upacara sekolah

 

 

8.Unsur-unsur kebudayaan adalah salah satu cara untuk memahami budaya atau kebudayaan. Karena dengan mengetahui unsur-unsurnya, paling tidak

kita akan mendapatkan gambaran tentang kebudayaan secara lebih baik. Unsur-unsur kebudayaan meliputi atau mencakup semua kebudayaan mana pun di dunia, baik yang kecil, bersahaja dan terisolasi maupun yang besar, kompleks dan dengan jaringan hubungan yang luas.Urutan unsur-unsur kebudayaan universal dari yang sulit ke mudah berubah adalah….

a.       Sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem kesenian, sistem teknologi

b.      Sistem religi, sistem kesenian, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi

c.       Sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi, sistem kesenian

d.      Sistem religi, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan, sistem kesenian

e.       Sistem religi, sistem kesenian, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan

 

 

9.Masyarakat adalah bagian dari kebudayaan. Kebudayaan lahir dari sumbangsih masyarakat terhadap kehidupan yang dijalani dalam memenuhi segala kebutuhannya yang meliputi kebutuhan sandang, pangan dan papan. Bagaimana mengatasi kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan atau mengelola kebutuhan yang terbatas untuk jangka waktu yang panjang adalah bagian dari buah kebudayaan yang lahir dalam kehidupan manusia. Dengan demikian maka fungsi budaya dalam masyarakat adalah untuk….

a.      berfikir

b.      berkarya

c.       mengadaptasi keadaan

d.      berkomunikasi

e.       interaksi

 

 

10. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus dikelola dengan efektif dan efisien dengan mengelola pembiayaan sehingga dapat mencapai apa yang menjadi program utama sekolah dalam pengembangan pelayanan pendidikan. Keberhasilan sekolah dalam pengelolaan tentunya tidak lepas dari peran kepala sekolah sebagai manager pengelolaan dan pengembangan. Kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis adalah kompleks budaya yang dijabarkan dari unsur kebudayaan universal yaitu sistem…

 

a.       Teknologi

b.      Kesenian

c.       kemasyarakatan

d.      religi

e.       politik

 

Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul IPS KB 2 PPG Terbaru. Semoga Bermanfaat


Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif