Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 PPG Terbaru

ARNAIM.COM | Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 – Pedagogik 2 : Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Semua jawaban dalam tugas akhir modul ini hanay sebagai referensi yang bersifat fleksibel menyesuaikan keadaan sekolah bapak dan ibu guru. Mengingat keadaan, kondisi, serta lokasi sekolah yang berbeda patinas berbeda pula dalam penerapan peran guru dalam pembelajaran abad 21 ini. 
Arnaim.com - Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 PPG Terbaru
Arnaim.com - Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 PPG Terbaru

Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

1. Lakukan kajian terhadap karakteristik peserta didik di satuan pendidikan Saudara bertugas kemudian lakukan analisis apakah peran guru yang dijalankan selama ini sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik? 

2. Lakukan kajian tentang profil guru yang ada di satuan pendidikan Saudara, kemudian lakukan kajian sejauhmana memiliki profil guru efektif abad 21 dan memenuhi kompetensi guru abad 21? Lakukan bersama teman sejawat sebagai proyek perubahan. 

3. Lakukan pengamatan dan kajian tentang tugas pokok dan fungsi para guru di satuan pendidikan Saudara. Lakukan analisis penyesuaian tugas dan fungsi apa saja yang pelu dilakukan? Diskusikan dengan sejawat dan rancanglah aksi bersama. 

4. Rancanglah sebuah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk satu tahun menggunakan format dan mekanisme sebagaimana disampaikan pada Modul 2 Kegiatan Belajar 4.

Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21


Jawaban Nomor 1 
Lakukan kajian terhadap karakteristik peserta didik di satuan pendidikan Saudara bertugas kemudian lakukan analisis apakah peran guru yang dijalankan selama ini sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik?

Kita sebagai guru tentunya tau peserta didik di satuan Pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan latar belakang yang berbeda pula. Sebagai seorang guru, kita harus berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik agar terfasilitasi dengan baik.

Tapi tidak semua guru mampu mengimplementasikannya yang disebabkan oleh beberapa faktor:kurang mengetahui cara membelajarkan peserta didik sesuai karakteristiknya, faktor usia si guru juga mempengaruhi karena beliau besar kemungkinan menggunakan gaya mengajar dengan metode lama, faktor kondisi pandemi saat ini malah jadi penyebab juga (sulit) mengenali karakteristik peserta didik dengan sistem belajar dari rumah.

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan juga keanekaragaman metode pembelajaran menjadi senjata andalan. Hanya saja beberapa mata pelajaran harus menggunakan pembelajaran langsung dengan metode ceramah ketika mendekati masa Penilaian Tengah Semester (PTS) atau pun Penilaian Akhir Semester (PAS). Hal itu disebabkan kurang matangnya perencanaan pembelajaran sehingga alokasi waktu yang sudah ditetapkan tidak sesuai dengan realita yang ada. Akibatnya peserta didik dengan karakteristik tertentu tidak mendapatkan pelayanan terbaik ketika mereka dipaksa untuk mendengarkan juga menyimak penjelasan dari guru yang mendominasi proses pembelajaran.

Jawaban Nomor 2
Lakukan kajian tentang profil guru yang ada di satuan pendidikan Saudara, kemudian lakukan kajian sejauhmana memiliki profil guru efektif abad 21 dan memenuhi kompetensi guru abad 21? Lakukan bersama teman sejawat sebagai proyek perubahan. 

Profil guru efektif abad 21 dan memenuhi kompetensi guru abad 21 sangat langka di sekolah kami. Hanya beberapa bapak ibu guru yang memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Kemampuan kami hanya sebatas power point. Selain itu penggunaan metode pembelajaran secara langsung masih mendominasi sehingga keterampilan 4C pada peserta didik menjadi kurang terarah. Namun dengan adanya pandemi seperti ini kebijakan sekolah sebelum awal tahun pelajaran sangatlah bagus. Yaitu mengadakan pembekalan terkait pembuatan video pembelajaran jarak jauh, pembelajaran online via kelas maya rumah belajar, Microsoft Teams, google classroom, pembuatan soal online seperti Microsoft form dan google form menjadi makanan wajib bagi kami sebelum masuk tahun ajaran baru. Kami merasa diupgrade sehingga memiliki kemampuan baru yang bersinggungan langsung dengan kemajuan ilmu teknologi. Sehingga pelatihan-pelatihan semacam ini dirasa penting dan menjadi agenda wajib untuk menambah wawasan serta upgrade skill dan kompetensi kami untuk mewujudkan guru yang profesional mengajar juga sebagai guru yang profesional belajar.

Jawaban Nomor 3
Lakukan pengamatan dan kajian tentang tugas pokok dan fungsi para guru di satuan pendidikan Saudara. Lakukan analisis penyesuaian tugas dan fungsi apa saja yang perlu dilakukan? Diskusikan dengan sejawat dan rancanglah aksi Bersama.

Setelah berdiskusi dengan rekan sejawat, penyesuaian tugas dan fungsi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Perencanaan Pembelajaran
Terkait dengan kebijakan RPP satu lembar yang diterjemahkan oleh rekan-rekan Bapak Ibu guru masih terbatas pada pemahaman fisik saja. Sehingga pendampingan terhadap peserta didik masih belum maksimal. Adapun yang perlu dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini adalah memberikan sosialisasi terkait filosofis dari RPP satu lembar.

  • Penguasaan TIK
Sejauh pengamatan kami pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masih sebatas pemaparan materi dalam bentuk PPT saja. Nah kompetensi di bidang TIK perlu diupgrade ke sistem pembelajaran, juga penilaian online yang mana peserta didik dapat mengakses tanpa batas ruang dan waktu terkait sumber belajar yang sudah disediakan oleh bapak ibu guru. Jadi ada baiknya sekolah mengadakan pembinaan guru untuk meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran.

Jawaban Nomor 4
Rancanglah sebuah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk satu tahun menggunakan format dan mekanisme sebagaimana disampaikan pada Modul 2 Kegiatan Belajar 4. Untuk mendapatkan file wordnya, silahkan isi formulir diakhir artikel ini.


Isi form dibawah ini untuk mendapatkan file wordnya :




Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif