Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 PPG Terbaru

ARNAIM.COM | Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif Kegiatan Belajar 2 Merancang Pembelajaran STEAM – Pedagogik 4 . Seiring dengan berkembangnya teknologi, profesi guru tentu menghadapi berbagai peluang dan tantangan baru. Peluang dan tantangan tersebut berupa perubahan yang sedemikian cepat pada beberapa tahun terakhir ini. Berawal dari laman situs, pembuatan film, email dan produksi animasi, lalu merambah ke blog, video Youtube, konferensi video dan game 2D, hingga akhirnya meliputi jejaring sosial, TV online, dan dunia 3D. Perkembangan teknologi dan imajinasi ini menuntut keterampilan dan kecerdasan manusia yang lebih tinggi. Dampaknya, siswa-siswa generasi Abad 21 memiliki karakteristik yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. 

Pada abad ke 21, bidang ilmu pengetahuan berkembang lebih cepat dan saling bersinggungan satu sama lain, misalnya ilmu Biologi tidak hanya mempelajari bidang biologi saja namun bisa juga mempelajari ilmu Mekanik sehingga orang yang mempelajari bidang tersebut menjadi ahli Biomekanika. Ilmu Biologi juga dapat bersinggungan sama ilmu Fisika, sehingga seseorang yang mempelajarinya menjadi ahli Biofisika. Tren pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan membutuhkan orang-orang yang mau belajar secara integratif dan inovatif. 

STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan penerapan sains dan teknologi melalui teknik dan seni dengan berlandaskan unsur-unsur matematis. Untuk melaksanakan pembelajaran yang baik dengan pendekatan STEAM perlu perancangan pembelajaran yang berkualitas baik. Dasar dari pembelajaran dengan pendekatan STEAM terletak pada pembelajaran inkuiri dan pemikiran kritis. Kedu hal tersebut berbasis proses yang berarti proses saat mengajukan pertanyaan, proses menimbulkan rasa ingin tahu, dan proses menemukan solusi dari suatu masalah. Inti dari pembelajaran STEAM adalah menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam menemukan solusi masalah. 

Saudara mahasiswa, Modul 4 KB 2 ini mengajak Saudara untuk memahami pengertian rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM dan mampu menerapkan pendekatan STEAM dalam rancangan pembelajaran inovatif. Dengan mempelajari materi tersebut, Saudara diharapkan mampu Menyusun rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM. 

Capaian Pembelajaran 
Setelah mempelajari keseluruhan materi pada Modul 4 KB 2 ini baik secara daring maupun luring, Saudara diharapkan mampu menyusun rancangan pembelajaran inovatif STEAM dengan model pembelajaran yang tepat 

Indikator Capaian Pembelajaran 
Saudara Mahasiswa, tingkat penguasaan Saudara terhadap Capaian Pembelajaran di atas setelah mempelajari materi pada KB 2 ini, secara rinci akan diukur dari kemampuan Saudara dalam: 
a. Mendeskripsikan pengertian rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM 
b. Menyusun RPP STEAM dengan model pembelajaran yang tepat 

Pokok-Pokok Materi 
Saudara Mahasiswa, berikut adalah pokok-pokok materi dalam modul ini: 
a. Pengertian rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM 
b. Langkah-langkah penyusunan RPP dengan pendekatan STEAM 


Rangkuman 
Rancangan pembelajaran STEAM yaitu segala kegiatan persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pendekatan STEAM baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu (integrated) dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Langkah-langkah menyusun RPP dengan pendekatan STEAM dapat dimulai dengan menyusun rumusan Tujuan Pembelajaran, mengeksplorasi Materi Pembelajaran, menentukan Model dan Metode Pembelajaran, dan menentukan Media, Alat dan Sumber Belajar, Menyusun Kegiatan Pembelajaran, menyusun Penilaian Pembelajaran, dan menyusun Kegiatan Tindak Lanjut. 
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 PPG Terbaru
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 PPG Terbaru


1) Berikut ini adalah pernyataan yang paling tepat terkait RPP berbasis STEAM, yaitu… 

a. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan secara tertanam (embedded) 

b. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan secara terpadu (integrated) 

c. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu (integrated). 

d. Unsur-unsur pendekatan STEAM sebaiknya diterapkan dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan secara tertanam (embedded) dan terpadu (integrated). 



2) Untuk menyusun rancangan pembelajaran STEAM dengan tepat, Pa Yosep selaku guru Mata Pelajaran IPA SMP di salah satu wilayah Kota Ambon sebaiknya menerapkan pendekatan STEAM secara... 

a. Tertanam 

b. Terpadu 

c. Tertanam dan Terpadu 

d. Tidak Keduanya 



3) Rumusan Tujuan Pembelajaran yang menerapkan pendekatan STEAM dan memenuhi unsur ABCD serta HOTS dengan tepat yaitu ... 

a. Setelah melakukan eksperimen roket air (C), siswa (A) dapat menjelaskan tentang tekanan udara (B) dengan satuan yang benar 

b. Setelah melakukan eksperimen roket air (C), siswa (A) dapat menyimpulkan fungsi tekanan udara (B) dalam bentuk animasi 

c. Setelah kegiatan pemecahan masalah tentang pencemaran udara (C), siswa (A) dapat menyebutkan gas polutan yang menyebabkan pencemaran udara (B) paling sedikit 3 jenis gas (D). 

d. Siswa dengan dibimbing guru (A) dapat menyebutkan tentang gas polutan yang menyebabkan pencemaran udara (B) secara baik dan benar (C) paling sedikit 3 jenis gas (D). 



4) Alasan mengapa rumusan tujuan pembelajaran harus spesifik adalah .. 

a. sulit untuk mengukur dan mengamati apabila dalam satu tujuan terdapat dua atau lebih kata kerja operasional. 

b. sulit untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan dua atau lebih kata kerja operasional. terdapat satu kata kerja operasional. 

c. sulit untuk merumuskan tujuan pembelajaran apabila dalam satu tujuan hanya terdapat satu kata kerja operasional. 

d. sulit untuk mengukur dan mengamati apabila dalam satu tujuan terdapat dua atau kata kerja operasional. 



5) Di bawah ini yang contoh tujuan pembelajaran yang mengasah ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah ... 

a. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor 

b. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menganalisis faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor 

c. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat memahami faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor 

d. Setelah melakukan kegiatan pencarian informasi mengenai pencemaran udara, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab pencemaran udara paling sedikit 3 faktor 



6) Dalam mengeksplorasi materi pembelajaran dengan pendekatan STEAM perlu diperhatikan komponen yang ada di dalam pendekatan STEAM tersebut. Contoh penerapan unsur STEAM yang benar adalah 

a. Penerapan technology diterapkan pada saat peserta didik presensi dengan fingerprint. 

b. Penerapan arts diterapkan pada saat peserta didik mengikuti pelajaran seni di kelas. 

c. Penerapan science diterapkan pada saat peserta didik mengamati dan melakukan penelitian tentang fenomena alam maupun sosial di sekitar. 

d. Penerapan engineering diterapkan pada saat siswa mendengarkan penjelasan dari guru. 



7) Di bawah ini yang merupakan contoh metode-metode pembelajaran yang paling sesuai dengan pendekatan STEAM adalah ... 

a. Presentasi, Latihan, Demonstrasi, dan Resitasi 

b. Latihan, Resitasi, Ceramah, dan Simulasi 

c. Diskusi, Presentasi, Resitasi, dan Latihan 

d. Diskusi, Eksperimen, Demonstrasi, dan Simulasi 



8) Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan pendahuluan adalah ... 

a. Mengkomunikasikan temuan masalah 

b. Menyampaikan bahan penarik perhatian 

c. Mengolah atau mengasosiasi informasi 

d. Mengevaluasi pembelajaran 



9) Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan penutup adalah ... 

a. Mengkomunikasikan temuan masalah 

b. Menyampaikan bahan penarik perhatian 

c. Mengolah atau mengasosiasi informasi 

d. Memberikan umpanbalik terhadap proses dan hasil pembelajaran 



10) Wujud dari konsep rancangan pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM berupa… 

a. Langkah-langkah pembelajaran 

b. Rencana pelaksanaan pembelajaran 

c. Tujuan pembelajaran 

d. Pendekatan pembelajaran 



Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 PPG Terbaru Merancang Pembelajaran STEAM – Pembelajaran STEAM. Semoga Bermanfaat. 

Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif