Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru

ARNAIM.COM | Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG – Pedagogik : Kegiatan Belajar 4 tentang Model Pembelajaran Blended Learning. pada kegiatan pembelajaran 4. Pada kegiatan pembelajaran kali ini, Anda akan mengkaji materi-materi terkait dengan konsep, karakteristik, ragam model, beserta contoh penerapan dari model pembelajaran blended learning. Kajian materi dalam modul ini ditujukan sebagai salah satu referensi bagi Anda untuk dapat memahami serta mampu Menyusun kegiatan belajar di kelas berdasarkan konsep, karakteristik, beserta ragam model pembelajaran blended learning. 

Model blended learning mulai banyak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah karena dianggap mampu memfasilitasi kecepatan dan kebutuhan belajar peserta didik yang beragam (Prescott dkk, 2018). Melalui kombinasi antara peran guru sebagai fasilitator beserta dengan pemanfaatan teknologi dalam model pembelajaran ini, peserta didik dapat menyesuaikan proses belajarnya dengan kemampuan dan kebutuhannya. Selain itu, model pembelajaran blended learning juga memungkinkan guru untuk dapat membantu peserta didik yang menemui masalah dalam pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok (Ololube, 2011). 
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru

Selain itu, sistem pembelajaran online yang digunakan dalam model blended learning juga memungkinkan siswa untuk lebih banyak mengeksplor materi pembelajaran sehingga terdapat variasi dalam kegiatan belajar. Hal ini sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan tuntutan pendidikan di abad 21 dan era industri 4.0, dimana tujuan akhir yang diharapkan adalah siswa memiliki kemampuan dan keterampilan untuk berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi, keterampilan dalam hal berkomunikasi, serta kemampuan terkai literasi teknologi. 

Model pembelajaran blended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodasi upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan tantangan era abad 21 dan era insutri 4.0. Melalui kombinasi antara pembelajaran tradisional (tatap muka) dilengkapi dengan sesi pembelajaran online, akan memungkinkan guru untuk dapat lebih banyak memvariasikan proses dalam memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik. Melalui pengalaman belajar yang beragam, peserta didik diharapkan mampu menguasai keterampilan sesuai dengan kriteria pendidikan abad 21 dan era industri 4.0, yaitu berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi, keterampilan dalam halberkomunikasi, serta kemampuan terkait literasi teknologi. 

Capaian pembelajaran 
Setelah mempelajari keseluruhan materi pada Kegiatan Belajar 4 Modul 3 ini, Saudara Mahasiswa diharapkan dapat dapat menentukan rancangan model pembelajaran "blended learning" yang tepat di kelas. 

Sub capaian pembelajaran 
Setelah mempelajari materi dalam KB 4 modul 3 ini, secara lebih rinci diharapkan Saudara Mahasiswa dapat : 
a. Menjelaskan konsep pembelajaran blended learning 
b. Menjelaskan karakteristik model pembelajaran blended learning 
c. Menjelaskan model-model pembelajaran blended learning dalam pembelajaran. 
d. Menentukan rancangan model pembelajaran blended learning yang tepat di kelasnya 

Pokok-pokok materi 
Materi modul ini terdiri dari 3 pokok materi sebagai berikut: 
a. konsep pembelajaran blended learning 
b. karakteristik model pembelajaran blended learning 
c. Model-model pembelajaran blended learning 
d. Merancang model pembelajaran blended learning 

Rangkuman 
Staker & Horn (2012) mendefinisikan blended learning sebagai model pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka). Pada pembelajaran model ini, peserta didik difasilitasi untuk dapat belajar dan mengulang materi secara mandiri secara online serta melakukan satu bagian sesi pembelajaran lainnya dilakukan secara tatap muka di dalam ruangan kelas. 

Adapun karakteristik dari pembelajaran yang menggunakan model blended learning (Prayitno, 2015) diantaranya yaitu: (a) Model blended learning menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pendidikan, gaya pembelajaran, dan menggunakan berbagai media berbasis teknologi; (b) Model blended learning mengkombinasikan pola pembelajaran langsung (tatap muka), belajar mandiri, dan pembelajaran menggunakan sistem online; (c) Guru dan orangtua memiliki peran yang sama penting, dimana guru berperan sebagai fasilitator dan orangtua berperan sebagai pendukung. 

Beberapa model pembelajaran blended learning yang cukup sering digunakan dalam pembelajaran menurut Clayton Christensen Institute meliputi: (a) Model Rotasi (Rotation Model): Model kelas Station Rotation, model kelas Lab/Whole Group Rotation, model kelas Flipped (Flipped Clasroom), model rotasi individu (Individual Rotation); (b) Model Kelas Flex; (c) Model Kelas Self-Blend; (d) Model Enriched-Virtual. 

Proses penyusunan kegiatan belajar disesuaikan dengan model blended learning yang dipilih serta beberapa karakteristik seperti fasilitas belajar, ketersediaan akses terhadap teknologi, usia dan kemampuan peserta didik, serta durasi jam pelajaran. 

Selain itu, dalam menyusun dan mengkombinasikan kegiatan pembelajaran tatap muka dan online, guru perlu menguasai kemampuan-kemampuan seperti pemanfaatan data karakteristik peserta didik, teknik mengajar dan memfasilitasi pembelajaran secara individual dan kelompok, mengembangkan interaksi secara online, serta dapat mengaplikasikan kombinasi ketiga kemampuan tersebut kedalam praktek pembelajaran model blended learning. 

Ada tiga komponen penting harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended learning yaitu: (a) Standar capaian dan tujuan pembelajaran; (b) Penilaian; (c) Kegiatan pembelajaran. Beberapa aplikasi atau platform yang dapat dimanfaatkan untuk model pembelajaran blended learning yaitu: (a) Moodle; (b) Edmodo; (c) Google Group. Sebagai evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung, alangkah baiknya jika guru membuat catatan mengenai hal-hal penting yang terjadi dan perlu diperbaiki untuk kegiatan selanjutnya. 

ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru 


1). Model pembelajaran blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka). Definisi ini dikemukakan oleh … 

a. Stolovich & Keeps 

b. Maasaki Imai 

c. Stake & Horn 

d. Clark & Mayer 


2). Model pembelajaran blended learning dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu terkait dengan … 

a. kedisiplinan 

b. sumber belajar 

c. strategi pembelajaran 

d. tempat 



3). Pembelajaran yang menggunakan model ‘blended learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar melalui … 

a. memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat jadwal belajar 

b. memperluas jangkauan sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas 

c. memfasilitasi peserta didik untuk dapat berdiskusi secara online 

d. kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih menarik dan interaktif. 


4). Berikut yang merupakan salah satu karakteristik dari model blended learning adalah .... 

a. adanya gabungan berbagai strategi dan gaya pembelajaran 

b. guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan pembelajaran 

c. siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan pembelajaran 

d. seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem online 


5). Berikut yang merupakan model kelas dalam blended learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model) yaitu … 

a. model kelas flipped (flipped classroom) 

b. model kelas self-blend 

c. model kelas flex 

d. model kelas enriched-virtual 


6). Model kelas yang sering digunakan dalam pembelajaran blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak mempunyai perangkat seperti tablet dan laptop adalah … 

a. model self-blend 

b. model kelas station rotation 

c. model kelas flex 

d. model kelas flipped (flipped classroom) 


7). Karakteristik dari model kelas flipped (flipped classroom) yaitu … 

a. siswa dapat mengambil kegiatan pembelajaran online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah dilakukan. 

b. siswa mendapatkan jadwal yang telah disesuaikan dengan masingmasing individual untuk dapat belajar secara mandiri. 

c. siswa dapat berdiskusi langsung dengan guru secara online Ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran 

d. siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui sistem secara online sebelum kelas dimulai. 


8). Pembelajaran yang menggunakan model blended learning dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini dikarenakan … 

a. model blended learning mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran 

b. model blended learning mempunyai banyak ragam variasi model kelas yang dapat dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran 

c. model blended learning memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik melalui aktifitas pembelajaran online. 

d. model blended learning memiliki sesi pembelajaran online yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun. 



9). Komponen penting yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended learning, diantaranya adalah … 

a. materi pembelajaran 

b. standar capaian 

c. karakteristik siswa 

d. interaksi antar siswa 



10). Guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui … 

a. hasil belajar siswa selama sesi pembelajaran 

b. ketersediaan media berbasis teknologi 

c. presentase kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran 

d. pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online 


Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 PPG Terbaru Pembelajaran Inovatif – Model Pembelajaran Blended Learning. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif