Unduh Buku Saku Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

Arnaim.com | Unduh Buku Saku Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 - Menjelang pelaksanaan tahun ajaran dan tahun akademik baru 2020/2021, Kemendikbud bersama tiga kementerian lainnya, yaitu Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri menyusun Buku Saku Pembelajaran sebagai panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan pembukaan satuan pendidikan untuk pembelajaran tatap muka.
Unduh Buku Saku Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 | Arnaim.com
Arnaim.com - Unduh Buku Saku Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

Unduh Buku Saku Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

Panduan ini juga menjadi acuan pemerintah daerah dalam mengatur satuan pendidikan sebelum dapat diizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka berdasarkan ketentuan-ketentuan yang diatur di dalamnya. Karena prinsip utama dalam pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru adalah kesehatan dan keselamatan seluruh peserta didik, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan keluarganya. Buku ini disusun untuk mempermudah masyarakat dari berbagai kalangan dalam memahami panduan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri dan lampirannya. Diharapkan kehadiran buku ini dapat memberikan manfaat, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah pusat terhadap pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru pada masa pandemi Covid-19.

Baca juga : GIVEAWAY PERINGATAN HARDIKNAS TAHUN 2020


Bagi sekolah yang masih berada didaerah ZONA KUNING, ZONA ORANYE, DAN ZONA MERAH, tidak diperbolehkan untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah, akan tetapi tetap melanjutkan Belajar dari Rumah (BDR) sesuai dengan :
  1. Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020;
  2. Surat Edaran Sekjen Kemendikbud No.15 Tahun 2020;
  3. Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020; dan
  4. Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 657 Tahun 2020

Baca juga :

Kebijakan Baru Kemendikbud Dukung Mahasiswa dan Sekolah Terdampak Covid-19


Adapun peran pihak terkait seperti Pemerintah daerah, kantor wilayah Kemenag provinsi, kantor Kemenag kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya pada SEMUA ZONA: wajib memastikan seluruh kepala satuan pendidikan mengisidaftar periksa pada laman DAPODIK atau EMIS untukmenentukan kesiapan satuan pendidikan dan tidak memperbolehkan pembelajaran tatap muka disatuan pendidikan bagi:
  1. satuan pendidikan yang belum memenuhi semua daftarperiksa; atau
  2. satuan pendidikan yang sudah memenuhi daftar periksanamun kepala satuan pendidikan menyatakan belum siap.
Demikian tadi sekilas tentang Unduh Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, silahkan dishare atau dibagikan kepada masyarakat, sehingga mereka tau tentang persiapan dan kesiapan pemerintah pusat melalui kebijakannya dalam pembelajaran di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Silahkan unduh melalui tautan dibawah ini. Semoga bermanfaat.