CEK PENYALURAN DAN PENCAIRAN BOS ONLINE

ARNAIM.COM | CEK PENYALURAN DAN PENCAIRAN BOS ONLINE - Perubahan mekanisme penyaluran dan pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS), yang dulunya dicairkan pertriwulan atau per 3 bulan, sedangkan yang sekarang adalah pertahap. Memantau pencairan bos dan penyaluran dana bos bisa kita pantau sendiri oleh, kepala sekolah, bendahara atau operator secara online melalui laman bos.kemdikbud.go.id tanpa melakukan login menggunakan user dapodik atau alternatif login yang disediakan.

www.arnaim.com - cek penyaluran dan pencairan bos
www.arnaim.com
Besarnya dana yang disalurkan kepada sekolah, baik janjang SD, SMP, SMA maupun SMK berdasarkan jumlah peserta didik yang terdaftar valid dalam dapodik. Untuk memantau penyaluran dan pencairan dana tahap I, tahap II, dan tahap III nantinya bisa kita pantau sendiri. Sebagaimana pada penyaluran tahap I kemarin, penyaluran dana BOS tidak langsung disalurkan sekaligus, tetapi terbagi menjadi 3 gelombang. Dalam pengambilan dana BOS, Bapak Ibu kepala sekolah dan bendahara agar selalu memperhatikan dan mengikuti prosedur protokol penanganan COVID19. Cuci tangan dulu sebelum memasuki Bank, gunakan masker dan jaga jarak tempat duduk menunggu antrian.

CEK PENYALURAN DAN PENCAIRAN  BOS ONLINE

  1. Kunjungi laman Portal BOS bos.kemdikbud.go.id lalu klik Masuk Website
    www.arnaim.com - cek penyaluran dan pencairan bos
    www.arnaim.com
  2. Pilih Menu Penyaluran dana
  3. Plih Laporan Penyaluran untuk memantau penyaluran dana
    www.arnaim.com - cek penyaluran dan pencairan bos
    www.arnaim.com
  4. Pilih Tahun, Klik Tahap terus klik Tampilkan.
  5. Pilih Laporan Pencairan untuk memantau pencairan dana
  6. Plih isian data sesuai data sekolah Anda, mulai dari data Jenjang Sekolah, Status Sekolah, Provinsi, Kabupaten, Tahap, dan Tahun sesuai data yang ingin kita lihat.
    www.arnaim.com - cek penyaluran dan pencairan bos
    www.arnaim.com
  7. Jika nama sekolah Anda belum muncul di tahap yang ingin kita lihat, kemungkinan dana bos sekolah kita masuk pada gelombang berikutnya.
  8. SIlahkan dicarikan dan digunakan sesuai RKAS dan segera dilaporkan penggunaanya melalui bos online.

Jika nama sekolah Anda belum terdaftar pada tahapan penyaluran yang dicek, berarti sekolah Anda belum masuk pada gelombang yang pertama, dan bisa disalurkan pada gelombang kedua, atau gelombang ketiga.

Ada pula hal- hal yang menyebabkan sekolah tidak masuk ditahap 2 gel 1 yaitu:
  1. Terdapat perbedaan nama sekolah yang terdapat pada laman portal bos dengan pembaharuan rekening dengan buku rekening , sehingga dilaksanakan pengecekan ulang.
  2. Terdapat perbedaan Nama Cabang / KCP yng terdapat pada buku tabungan, sehingga dilaksanakan pengecekan ulang.
  3. Terdapat perbedaan NPWP, Karena adanya perbedaan tersebut pihak kementerian dan KPPN melakukan pengecekan ulang agar data sesuai.
Demikian tadi cara CEK PENYALURAN DAN PENCAIRAN BOS ONLINE. Semoga bermanfaat.