CARA MEMASUKKAN SK PELAKSANA PBJ DI DAPODIK

Arnaim.com | CARA MEMASUKKAN SK PELAKSANA PBJ DI DAPODIK - Berdasarkan Informasi pada situs Dapodikdasmen tanggal 27 April 2020 tentang Referensi Baru "Pelaksana PBJ" Pada Aplikasi Dapodikdasmen, maka dari itu pada kesempatan kali ini, saya membagikan tentang cara bagaimana memasukkan atau mengentri SK Pelaksana Pengadaan Barang Jasa (PBJ) pada Aplikasi Dapodik 2020.b Patch 1 sebagai tugas tambahan dengan mudah. Sebelum melakukan memasukkan atau mengentri SK Pelaksana Pengadaan Barang Jasa (PBJ) pada Aplikasi Dapodik 2020.b Patch 1, Jadi pastikan Anda membacanya sampai selesai, biar tidak menimbulakn problem dikemudian hari.

Baca Juga : Format Laporan Pelaksanaan PBJ

Arnaim.com | CARA MEMASUKKAN SK PELAKSANA PBJ DI DAPODIK
Arnaim.com | Cara Memasukkan SK Pelaksana PBJ di Dapodik.

CARA MEMASUKKAN SK PELAKSANA PBJ DI DAPODIK

Apa itu SK PBJ?

SK Pelaksana PBJ merupakan Surat keterangan pelaksana Pengadaan Barang/Jasa yang disingkat dengan PBJ. Surat Keterangan tersebut dibuat sebagai tindak lanjut dari Permendikbud No.14 tahun 2020 tentang Pedoman Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan dengan tujuan pelaksanaan dalam pengadaan barang/jasa bisa berjalan dengan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Siapa yang harus ditunjuk sebagai pelaksana PBJ?

Dalam petunjuk yang terdapat dalam permendikbud, pelaku Pengadaan Barang/Jasa terbagi menjadi 2, yaitu pelaksana dan penyedia. Pelaksana  di Sekolah baik SD, SMP, SMA SMK dan SLB, dalam penetapan pelaksana, kepala sekolah merupakan yang berwenang dan bertangung jawab melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa. Jika dalam melaksanakan tanggung jawabnya membutuhkan Pendidik/ Tenaga Kependidikan, maka Kepala sekolah dapat menunjuk secara individu atau secara kelompok untuk melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa .

Pembuatan SK Pelaksana PBJ oleh Kepala Sekolah

Setelah dibuat dan disahkan Surat Keterangan Pelaksana PBJ tadi oleh Kepala Sekolah baik SMP, SMA SMK dan SLB, segera entri Tugas Tambah dalam Aplikasi Dapodikdasmen sesuai SK tadi pada Akun GTK yang ditetapkan, baik itu yang individu atau secara kelompok.

DOWNLOAD FILE SK PELAKSANA PBJ REFERENSI BARU DAPODIK


Tahapan Cara Memasukkan SK Pelaksana PBJ pada Aplikasi Dapodik.

Ada 3 tahapan yang kami uraikan disini, yaitu tahapan yang pertama yaitu tahap persiapan yang harus diperhatikan sebelum melakukan entri SK Tugas Tambahan sebagai Pelaksana PBJ. Tahap Kedua, yaitu tahap pengisian SK Pelaksana PBJ pada aplikasi dapodikdas, dan tahap ketiga adalah tahap Sinkronisasi.

Tahap Persiapan

Buka Aplikasi Dapodik. Pastikan Aplikasi Dapodik sudah yang terbaru ya, yaitu Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.b Patch 1, silahkan lakukan login menggunakan user dan pasword Dapodik. Kemudian beralih ke pengguna pada Akun Kepala Sekolah untuk melakukan sinkronisasi terlebih dahulu. Tahapan awal ini wajib untuk dilakukan, kenapa? Karena untuk menurunkan referensi terbaru yang berguna untuk memasukkan SK Pelaksana PBJ tadi.
Sebelum melakukan sinkronisasi, pastikan dulu Pendidik atau Tanaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai pelaksana PBJ harus sudah memiliki Akun GTK. Jika tidak, kemungkinan besar nanti akan ada problem kedepannya.

Tahap Pengisian

Setelah melakukan sinkronisasi sebagaimana tahap sebelumnya,
Login kembali sebagai operator di Aplikasi Dapodik
Arnaim.com | CARA MEMASUKKAN SK PELAKSANA PBJ DI DAPODIK
Arnaim.com | Cara Memasukkan SK Pelaksana PBJ di Dapodik. 
Silahkan pilih menu GTK. Kemudian pilih GTK yang menjadi pelaksana Pengadaan Barang/Jasa (PBJ).
Klik ubah > Data Rincian GTK > Tugas Tambahan. 
Klik tombol Tambah entri :
Jabatan PTK : Pelaksana Jabatan (pada bagain 3)
Nomor SK : diisi nomor SK penetapan tugas tambahan yang diemban PTK
TMT Tambahan : Tanggal mulai berlakunya tugas tambahan.
TST Tambahan : Kosongkan saja jika tugas trambahannya masih berlaku.
Simpan.

Tahap Akhir

Setelah entri SK PBJ pada tugas tambahan di Akun GTK Dapodik, silahkan cek di data GTK. Klik menu Daftar Tugas Tambahan yang terdapat pada samping kanan layar. Jika belum muncul, klik tombol reload kecil yang terdapat pad pojok kanan bawah. maka Daftar tugas tambahan Pelaksana PBJ akan muncul disana. Silahkan masuk ke akun kepala sekolah dan sinkron kembali Aplikasi Dapodiknya.


Demikian tadi CARA MEMASUKKAN SK PELAKSANA PBJ di DAPODIK,  semoga bermanfaat!