PANDUAN EDS-PA SISPENA 2.0 (PAUD PNF) TAHUN 2019

PANDUAN EDS-PA SISPENA 2.0 (PAUD PNF) TAHUN 2019 - Panduan Evaluasi Diri Satuan Prasyarat Akreditasi (EDS-PA) yang dibuat oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonforma (BAN PAUD PNF). Panduan EDS-PA Sispena ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada Lembaga untuk menggunakan Aplikasi Sispena 2.0 (Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF) dengan baik. Sispena 2.0 PAUD dan PNF adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web. Aplikasi Sispena 2.0 PAUD dan PNF bisa diakses melalui Laptop atau PC, dan Handphone (disarankan aksesnya memakai laptop saja) dimana saja dan kapan saja dasalkan terkoneksi dengan internet. Jika tidak bisa terkoneksei ke internet. Hanya lembaga yang memiliki NPSN dan mengisi data Dapodik PAUD DIKMAS yang bisa mengisi pada aplikasi Sispena.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses Sispena 2.0 sesuai PANDUAN EDS-PA SISPENA 2.0 (PAUD PNF) TAHUN 2019 :

  1. Membuka browser dan ketikkan URL atau banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena, maka akan muncul halaman login ;
  2. Selanjutnya masukkan username (NPSN) dan password yang dimiliki sekolah. Untuk password yang telah tersedia (default) adalah NPSN;
  3. Setelah memasukkan NPSN pada kolom user dan password, jangn lupa untuk memasukkan kode CAPTCHA sesuai dengan kode yang ditampilkan, kemudian klik tombol "SIGN IN";
  4. Apabila berhasil login, maka sistem akan langsung menampilkan jendela Dahsboard Data Profile satuan pendidikan; 
Untuk isian identitas sebagian besar hanya berbentuk view karena data sudah diambil dari Dapodik. Jika ada data yang tidak sesuai atau belum lengkap, maka lembaga bisa melakukan pemutakhiran data di Dapodik.

Pada Sispena 2.0 satuan pendidikan/asesi bisa melengkapi Evaluasi Diri Satuan (EDS) yang sudah disediakan pada menu disebelah kiri. Dalam sub menu yang disediakan adalah Dashboard, Persyaratan, EDS, dan Feedback.

Pada sub menu Dashboard termuat informasi data profil Satuan Pendidikan/Lembaga yang terintegrasi dengan Dapodik. Misalnya ada data yang tidak sesuai, silahkan perbaiki dulu melalui aplikasi Dapodik PAUD.
Pada sub menu Persyaratan terdapat beberapa persyaratan yang disediakan untuk Satuan Pendidikan/Lembaga melengkapi 2 syarat, yaitu Syarat Umum dan Syarat Khusus. Sebelum melakukan  pengisian EDS-PA, Satuan Pendidikan/Lembaga wajib melengkapi 2 syarat tadi yaitu syarat umum dan syarat khusus untuk pengajuan permohonan Akreditasi.
  1. Syarat Umum, terdiri dari Surat Permohonan Akreditasi dan Surat Ijin Operasional.
  2. Syarat Khusus, terdiri dari Jumlah Peserta Didik, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan Sertifikat Kompetensi Pendidik.

Pada menu EDS digunakan untuk mengisi/melengkapi pertanyaan di isian 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) serta melampirkan dokumen atau berkas yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya.
pada menu EDS Ada beberapa sub menu yang disediakan, yaitu EDS-PA, FormSurvey, dan Hasil Penilaian EDS-PA.
Pada Menu Feedback bisa dimanfaatkan Satuan Pendidikan/Lembaga dalam memberikan Saran/Masukan atau mengajukan pertanyaan seputar EDS-PA di Sispena.

Drs. H. Iriansyah, M.Si (Konsultan Manajemen Pelayanan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalimantan Selatan) menyampaikan " Sekarang Lembaga/Satuan Pendidikan baik yang ikut pemetaan ataupun tidak ikut pemetaan, semua bisa mengisi EDS-PA SISPENA 2.0 semua bisa diakreditasi (tanpa harus menyesaikan program pemetaan mutunya) asal mendaftar, mengisi EDS-PA dan melengkapi upload 8 SNP nya paling lambat akhir Juli 2019 ini (khusus BANP KALSEL)".

Demikian tadi sekilas PANDUAN EDS-PA SISPENA 2.0 (PAUD PNF) TAHUN 2019 , untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan unduh file PANDUAN EDS-PA SISPENA 2.0 (PAUD PNF) TAHUN 2019. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. See you...

Panduan EDS-PA Sispena V2.0.pdf