CETAK SERTIFIKAT AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2018


Arnaim.Com - Pelaksanaan Akreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018 telah dilaksanakan, yang mana tim penilai (asessor) melakukan visitasi untuk penilaian terhadap sekolah/madrasah. Kegiatan ini dilakukan melalui pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah/madrasah, verifikasi atau pencermatan ulang berbagai data isian instrumen akreditasi, serta pendalaman hal-hal khusus terkait dengan komponen dan aspek akreditasi.Visitasi ini dilakukan untuk meningkatkan kecermatan, keabsahan, serta kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen akreditasi. Di samping itu, dengan visitasi ini diharapkan dapat diperoleh data dan informasi tambahan mengenai keadaan yang sesungguhnya dari sekolah/madrasah yang diakreditasi.


Setelah melakukan visitasi, hasil klarifikasi, verifikasi, validasi, dan pendalaman terhadap data dan informasi berdasarkan instrumen akreditasi serta didukung oleh berbagai data dan informasi penting lainnya, masing- masing asesor menyusun laporan individual. Laporan individual ini memuat nilai dan catatan untuk masing-masing komponen akreditasi yang dibuat berdasarkan deskripsi yang telah ditetapkan dalam sistem penilaian. Laporan individual tersebut selanjutnya dijadikan bahan untuk didiskusikan bersama-sama dengan anggota asesor lainnya untuk menyusun laporan tentang pelaksanaan hasil visitasi. Dalam diskusi tersebut dibahas seluruh butir-butir pada setiap komponen akreditasi sesuai dengan hasil verifikasi, validasi, dan pendalaman data untuk menetapkan laporan akhir dan perumusan rekomendasi. Format Laporan Penskoran dan Penilaian Visitasi baik secara individu dan tim maupun rekapitulasi nilai akhir akreditasi terlampir. Selain itu, asesor juga harus membuat Laporan Pelaksanaan Visitasi (terlampir). Dengan demikian, hasil visitasi akan menjadi masukan yang akurat dan valid bagi BAP-S/M untuk menetapkan peringkat akreditasi sekolah/madrasah.






Temukan Informasi Sekolah Menggunakan NPSN
Ketika muncul tampilan seperti pada gambar berikut, selanjutnya Anda bisa mengisi kolom yang sudah disediakan secara lengkap atau menggunakan NPSN kemudian Klik Cari Sekolah


Setelah cari sekolah, maka akan muncul Hasil Pencarian Data Sekolah. Kemudian klik NPSN sekolah itu.

Setelah NPSN di klik, maka akan muncul Info Detail Sekolah dan Riwayat Akreditasi yang menampilkan Nilai Setiap Standar Sekolah. Kemudian klik tombol Download Sertifikat.

Setelah mengklik Tombol Sertifikat, maka akan mucul Sertifikat hasil akreditasi yang dimiliki oleh asesi seperti pada gambar berikut:
Tampilan depan Sertiufikat Akreditasi Sekolah/Madrasah

Tampilan belakang Sertifikat Akreditasi/Madrasah
Anda tinggal mengklik tombol unduh, dan bisa mencetak Sertifikat Hasil Akreditasi sendiri.

Demikianlah Cara Cetak Sertifikat Akreditasi BANSM Tahun 2018, Jangan lupa komen dan share jika ini bermanfaat.

Sumber : https://bansm.kemdikbud.go.id/