Seputar Hari Guru Nasional tahun 2018 dari Kemdikbud


Peran guru dalam perjalanan bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semngat para pemuda pelajar. Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari guru Nasional.  Dengan tujuan meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan, meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.
Tema Hari guru Nasional tahun 2018 adalah “Meningkatkan Profesionalisme guru Menuju Pendidikan Abad XXI”. Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Walaupun teknologi informasi berkembang pesat dan sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tidak akan tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut. 
Tugas guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik. Ada 3 ciri guru profesional yang harus dimiliki oelh para guru. Pertama, guru profesioanl adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua, seorang guru profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan. Ketiga, seorang guru profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya. Marilah kita jadikan Hari guru Nasional ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan berkarakter.

Selamat Hari Guru Nasional tahun 2018.

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dalam mengemban tugas yang mulia ini.


Unduh lampiran :

Surat Edaran Mendikbud tentang Penyelenggaraan Upacara HGN 2018

Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan HGN 2018

Unduh Pidato Mendikbud HGN 2018 di sini

Unduh Logo HGN 2018:

Logo_HGN2018.pdf

Logo_HGN2018.png

Sumber : Kemdikbud