Kenapa Sih, Saya Kok Malas Ibadah?

Kenapa Sih, Saya Kok Malas Ibadah? - Tidaklah Allah SWT menciptkan kita kecuali agar kita bisa beribadah atau menghambakan diri kita kepada-Nya. Selain akan mendapatkan pahala, melaksanakan ibadah karena mengharap keridhaan Allah menjadi salah satu jalan untuk meraih surga-Nya.

Oleh karena itu, banyak kaum muslim yang berlomba-lomba dalam melaksanakan ibadah agar mendapatkan perlindungan dari panasnya api neraka. Namun, tidak dapat dipungkiri masih banyak saja diantara kita yang enggan melakukan ibadah kepada Allah karena adanya perasaan malas. Perasaan malas dalam beribadah bisa timbul karena banyak faktor. Bisa karena diri sendiri ataupun orang lain.

Banyak hal yang menyebabkan kita malas beribadah, 5 diantaranya :


1. Bergelimang dengan Perbuatan Dosa dan Maksiat

Terkhusus dosa kecil yang sering diremehkan dan dilupakan kebanyakan manusia. Padahal dosa kecil tersebut adalah salah satu sebab lesu, malas dan meremehkan ibadah dan ketaatan.

Orang-orang yang terus menerus hidup dalam kebiasaan seperti ini akan mendapatkan murka dari Allah SWT. Salah satu bentuk murka Allah tersebut adalah dengan dilenyapkan manisnya iman dan Allah tidak akan mengkaruniakan kepadanya kelezatan dalam ibadah & ketaatan.

Inilah murka Allah yang akan menimpa orang yang bergelimang perbuatan dosa dan maksiat. Selanjutnya orang tersebut tidak mampu untuk mengerjakan ketaatan dan ibadah, padalah sebenarnya semua itu menjadi jalan untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy-Syura:30)
Oleh sebab itu, sudah seharusnya sebagai seorang muslim yang mengharakan ridho dan Surga Allah, kita harus bjsa senantiasa berusaha untuk menjauhi perbuatan maksiat dan dosa-dosa kecil yang selama ini kita sering meremehkanya.

2. Tidak Paham Tentang Urgensi/Pentinya Ibadah

Di antara bentuk kelalaian seseorang adalah karena ia lupa bahwa ia adalah seorang makhluk yang lemah. Padahal sebenarnya hanya Allah-lah yang membuat ia menjadi kuat dan bisa mengerjakan ibadah. Hanya Allah-lah yang bisa menyelesaikan masalah, hanya Allah-lah yang bisa memberikan rezeki yang berkah dan segala nikmat yang melimpah.

Dan semua bisa kita mendapatkan bantuan, pertolongan dan anugerah-anugerah yang sangat indah dari Allah kalau kita mau baik sama Allah. Baik dalam artian senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki ibadah kita kepada Allah Swt. Allah Swt berfirman yang artinya:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Alloh benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”(QS. Al-ankabut:69)

3. Melupakan Kematian

Melupakan kematian adalah salah satu penyebab seseorang malas melakukan ibadah. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak mengingat kematian agar lebih rajin dalam beribadah. Allah Ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.”(QS. Ali Imran : 185)
Ingat akan Kematian adalah salah satu obat bagi orang yang panjang angan-angan, orang yang keras hatinya dan mereka yang banyak dosa. Oleh sebab itu Rasulullah SAW bersabda “Perbanyaklah mengingat penghancur kenikmatan.”

4. Tidak Tahu Besarnya Pahala Suatu Ibadah

Penyebab lainnya seseorang malas melakukan ibadah adalah karena mereka tidak mengetahui besarnya pahala yang akan diperoleh karena suatu ibadah. Ketidaktahuan inilah yang membuat orang tersebut malas dalam beribadah. Sebaliknya, apabila ia mengetahui pahala besar di balik ibadah yang dilakukan maka ia akan semakin rajin dalam beribadah. Bagaimana cara kita agar tau nilai suatu ibadah? Tidak ada cara lain kecuali kita harus mau belajar. Mempelajari tentang ibadah yang harus kita lakukan.

5. Berlebih-lebihan Dalam Hal Yang Mubah

Berlebih-lebihan dalam hal makanan, minuman, pakaian, dan kendaraan serta yang lainnya. Hal yang demikian ini membuatnya malas untuk melakukan ibadah dan lebih berkeinginan untuk istirahat dan tidur.

Berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu yang mubah seperti makanan dan minuman bisa menjadi salah satu penyebab kerasnya hati. Dengan hati yang keras tersebut membuat manusia menjadi tidak ingat kepada Sang Penciptanya.

Semoga Allah berikan hidayah tuk semakin giat beribadah...
Semoga Allah jadikan semua urusan kita mudah & berkah...
Semoga Allah selesaikan setiap masalah...
Semoga Allah jauhkan kita dari segala musibah...
Dan semoga Allah karuniakan kepada kita husnul khotimah...

Semoga bermanfaat dan tetap semangat tuk menggapai kebahagiaan dunia sampai akhirat. Aamiin.